sign up SIGN UP search


kehamilan

Waktu yang Tepat Bagi Ibu Hamil Memulai Olahraga

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 20 Sep 2020 10:36 WIB
Pregnancy yoga meditation. Full length healthy 8 months pregnant calm Asian woman meditating or doing yoga exercise at home. Relaxation yoga sitting side stretch positions. caption
Jakarta -

Kehamilan tidak seharusnya menjadi penghalang untuk berolahraga. Dengan waktu dan pilihan aktivitas fisik yang tepat, kegiatan tersebut justru menyehatkan ibu hamil.

Permasalahannya, seringkali banyak Bunda yang hamil dan malah menghindari olahraga selama kehamilan. Sebab, mereka merasa khawatir bahwa aktivitasnya tersebut justru akan mengkhawatirkan kehamilannya.

Padahal, beraktivitas fisik selama kehamilan sangat dianjurkan, Bunda. Dengan rutin berolahraga, tentunya akan berdampak positif bagi bayi dan juga Bunda.


"Bunda harus aktif secara fisik selama kehamilan. Olahraga memiliki manfaat luar biasa yang terkait dengan hasil kehamilan yang lebih baik dan bahkan persalinan yang lebih singkat. Tentunya hasilnya akan sama-sama menguntungkan bagi bayi dan Bunda," kata pakar kehamilan berisiko tinggi, Laura Riley, MD, seperti dikutip dari laman WebMD.

Melansir dari Guardian, berolahraga selama kehamilan diketahui memiliki manfaat yang sangat besar. Meski demikian, ada baiknya Bunda tetap menimbang berbagai faktor risiko ya.

Salah satunya yakni Bunda harus mendapatkan izin dari dokter. Hal ini sangat penting karena olahraga menjadi kontraproduktif pada beberapa kehamilan berisiko tinggi. Dan, terutama bila pernah terjadi keguguran sebelumnya sehingga Bunda harus memahami kondisi tubuh sebaik mungkin.

Jika Bunda mengalami trimester pertama yang berat, Bunda mungkin ingin berkonsentrasi untuk menjadi lebih baik dan lebih kuat terlebih dahulu, sebelum melakukan aktivitas fisik tambahan.

Pastikan olahraga aman untuk ibu hamil. Sedangkan waktu terbaik memulai rutinitas olahraga ialah setelah menyadari bahwa Bunda sedang hamil. Tubuh akan terbiasa untuk menciptakan lingkungan terbaik bagi ibu dan janinnya.

Bagi Bunda yang mengalami trimester pertama yang berat, maka trimester kedua adalah waktu terbaik untuk memulai olahraga. Biasanya, trimester kedua ini tingkat kekuatan Bunda sudah mulai bagus, mual di pagi hari telah berkurang atau hilang sama sekali untuk sebagian besar ibu hamil, dan perut yang belum terlalu tumbuh tidak akan menyebabkan gangguan besar.

Nah, semoga tips memulai olahraga untuk ibu hamil membantu ya, Bunda.

Simak juga teknik rebozo yang melancarkan persalinan:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi