sign up SIGN UP search


kehamilan

Mengenal Penyebab PCOS yang Bikin Bunda Susah Hamil

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 25 Oct 2020 15:37 WIB
Asian women her stomach aches hard She wakes up in the middle of the night while she sleeps. caption

Jakarta - Bunda sudah sering mendengar PCOS? Bagi Bunda yang susah hamil, biasanya sudah tak asing dengan istilah satu ini. Ya, Polycystic ovarian syndrome (PCOS) banyak dialami wanita dan disebut-sebut membuat mereka sulit hamil. Sebenarnya, apa sih PCOS itu?

Melansir dari Pregnancybirthbaby, PCOS merupakan kondisi hormonal yang umum pada wanita. Wanita dengan PCOS dapat berjuang untuk hamil, tetapi mereka berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi selama kehamilan.

Namun, jangan berkecil hati dulu ya, Bunda, karena dengan mengatasi gejalanya, banyak wanita yang mengalami PCOS bisa hamil dan memiliki bayi sehat. PCOS sendiri merupakan suatu kondisi dimana ovarium menghasilkan hormon pria (androgen) yang lebih tinggi dari biasanya. Alhasil, kondisi ini dapat mempengaruhi siklus menstruasi, kesuburan, dan penampilan wanita.


Gejala PCOS biasanya meliputi periode menstruasi tidak teratur, kista di ovarium, infertilitas, penambahan berat badan, jerawat, rambut wajah dan tubuh yang berlebihan, resistensi insulin, dan lainnya.

Wanita dengan penderita PCOS tentunya memerlukan waktu beberapa saat untuk mendapatkan diagnosis yang tegas karena kondisi tersebut menyerupai masalah lain. Apalagi, terkadang wanita yang mengalami PCOS sulit mendapatkan kehamilan.

"PCOS adalah kelainan endokrin yang menyerang wanita usia reproduksi," ujar Dr Kecia Gaither, MD, seorang obgyn dan Maternal Fetal Medicine, dikutip dari laman Bustle.

Gaither menyebut, penyebab pasti PCOS tidaklah diketahui. Namun, dasar genetik mungkin terlibat di dalamnya. Sebab, kebanyakan wanita yang terkena dampak memiliki anggota keluarga dekat seperti saudara perempuan, ibu, atau bibi, dengan penyakit sama.

Berdasarkan informasi Centers for Disease Control and Prevention (CDC), PCOS merupakan salah satu penyebab utama infertilitas di kalangan wanita. Meskipun PCOS umum terjadi ketika seorang wanita berada di usia reproduksi, terutama di usia 20-an atau 30-an, PCOS juga dapat dimulai setelah menstruasi pertama, pada usia 11 atau 12 tahun.

Biasanya, ada tiga gejala utama PCOS, yakni haid tidak teratur, tidak ada haid, atau haid yang berkepanjangan. CDC mengatakan, jika Bunda memiliki setidaknya dua dari tiga gejala PCOS tersebut, segeralah memeriksakan diri ke dokter. 

Dokter pun akan melihat apakah penyebab PCOS yang Bunda alami. Apalagi, risiko komplikasi dapat terjadi di masa mendatang seperti kehadiran penyakit jantung atau diabetes tipe 2. Jadi, sebaiknya segera temui dokter jika Bunda menunjukkan gejala PCOS.

Semoga membantu ya, Bunda.

Bunda, simak juga yuk 8 pemicu keguguran yang berbahaya, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!