sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Tips Aman Memilih Skincare untuk Ibu Hamil

Asri Ediyati Rabu, 07 Oct 2020 11:24 WIB
Beauty concept of young asian woman. caption
Jakarta -

Fluktuasi hormon saat hamil, dapat menyebabkan kondisi wajah berubah dari sebelumnya. Kalau tadinya wajah Bunda mulus, bisa jadi saat hamil malah jerawatan. Hal ini pun mau tak mau, menjadi concern utama kulit Bunda.

Nah, dalam kondisi seperti ini, Bunda mungkin berbelanja beberapa produk kecantikan baru dan bertanya-tanya apa yang aman digunakan saat hamil.

"Kita semua ingin kehamilan berjalan dengan baik, jadi wajar jika kita berhati-hati tentang apa yang kita kenakan pada kulit kita," kata Allison Sutton, dokter kulit medis dan kosmetik di Vancouver, dikutip dari Today's Parents.


Untuk itu, Sutton menyarankan agar para ibu hamil memeriksa ulang kandungan yang tertera pada label kemasan. "Periksa ulang daftar bahan, dan jika ada sesuatu yang Anda khawatirkan, tanyakan pada dokter Anda," kata Sutton.

Supaya Bunda enggak salah pilih produk, berikut tips aman memilih produk kecantikan dari anti jerawat hingga tabir surya:

1. Produk anti jerawat dan hiperpigmentasi

Dilansir Healthline, jika Bunda rentan berjerawat, ada beberapa alternatif yang lebih aman menggunakan produk berbasis retinoid saat hamil. Salah satu yang paling efektif adalah asam glikolat.

Asam glikolat dalam jumlah besar tidak dianjurkan selama kehamilan, tetapi kemungkinan besar aman dalam jumlah kecil yang biasa ditemukan pada produk kecantikan atau skincare yang dijual bebas.

Asam glikolat dan sejenisnya - seperti asam azelaic - juga dapat membantu mengurangi garis-garis halus, mencerahkan kulit, dan mengurangi peningkatan pigmentasi kulit.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, asam glikolat dan azelaic aman untuk mengobati jerawat selama kehamilan, selain benzoil peroksida topikal dan asam salisilat topikal. Jadi coba cari produk anti jerawat yang berbasis dua bahan tersebut ya, Bunda.

2. Produk anti penuaan

Antioksidan identik dengan produk anti penuaan. Selama kehamilan, Bunda bisa mencoba antioksidan topikal seperti vitamin C. Vitamin C ini aman meningkatkan vitalitas kulit dengan melindungi kulit dari kerusakan dan menjaga kolagen.

Antioksidan aman kehamilan lainnya untuk dicoba dalam produk perawatan kulit Bunda meliputi:

vitamin E.
vitamin K
vitamin B3
teh hijau

3. Produk untuk kulit kering dan stretch mark

Kehamilan kerap bisa menyebabkan kulit kering. Ya, selain perubahan hormon, kebutuhan akan air meningkat.

Selain banyak minum air, produk pelembab yang mengandung minyak kelapa, cocoa butter, peptida, dan asam hialuronat (HA) dapat meningkatkan hidrasi.

Lalu, jika menyangkut stretch mark, salah satu strategi untuk mencegahnya adalah dengan sering melembabkan zona rawan untuk membantu kulit meregang secara alami saat perut mulai membesar.

4. Produk tabir surya

Salah satu hal terpenting yang dapat Bunda lakukan untuk mencegah kulit keriput, dan kanker kulit jangka panjang adalah memakai tabir surya alias sunscreen.

Untuk memilih produk tabir surya yang aman, cobalah tabir surya berbahan dasar mineral. Tabir surya berbahan dasar mineral yaitu termasuk seng oksida dan titanium dioksida.

Semoga tips di atas bisa membantu Bunda memilih produk kecantikan selama hamil ya.

Simak juga tips agar kulit ibu hamil tidak kering selama hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi