sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Memilih Skincare Paling Aman untuk Ibu Hamil, Catat Bun

Asri Ediyati Jumat, 06 Nov 2020 15:19 WIB
Ilustrasi skincare caption
Jakarta -

Saat hamil, Bunda pastinya jadi serba picky. Mulai dari makanan sampai soal skincare. Nah, bicara soal skincare, seperti yang Bunda tahu, kulit ibu hamil menjadi lebih sensitif.

Belum lagi, perubahan hormon juga menimbulkan beberapa kondisi pada kulit Bunda, seperti jerawat, kulit kering, bibir pecah-pecah, hingga stretch mark.

Nah, bagaimana sih cara memilih skincare yang aman untuk ibu hamil? Ada beberapa caranya, Bunda, berikut lima cara memilih skincare yang aman dan terbaik untuk ibu hamil:


1. Pilih produk skincare yang mengandung vitamin E

Mungkin Bunda pernah membaca bahwa vitamin E sangat penting untuk kesehatan kulit. Nah, produk skincare yang mengandung vitamin E ini cocok untuk ibu hamil karena memiliki efek mencerahkan dan mampu memperbaiki sel kulit yang rusak.

Produk yang mengandung vitamin E ini biasanya terdapat produk complexion seperti moisturizer alias pelembap. Cocok banget kan untuk kulit ibu hamil yang cenderung kering dan sensitif?

2. Memilih pelembap dengan bahan dasar alami

Selama masa kehamilan, Bunda akan mengalami peningkatan sirkulasi darah, sementara sistem imun sedikit menurun pada kulit. Untuk itu, penting mencari produk skincare yang menjaga barrier kulit agar tidak mudah terjadi infeksi pada kulit.

Pilihlah produk pelembap dengan bahan dasar alami di atas 70 persen. Kenapa? Ini untuk memastikan agar benar-benar aman dipakai ibu hamil.

3. Cermat memilih produk yang mencegah stretch mark

Seperti yang dipaparkan di atas, pelembap tubuh merupakan produk wajib untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Fungsinya menjaga kadar air dalam kulit sehingga mengurangi risiko terjadinya stretch mark, Bunda.

Stretch mark muncul jika volume otot, lemak, dan berat janin bertambah dengan cepat. Jadi selain menjaga pola makan, penting juga menggunakan skincare yang melembapkan. Apabila Bunda ingin membeli produk yang mencegah stretch mark, lihat lagi kandungannya. Pilih yang alami ya, Bunda.

4. Memilih sunscreen yang berbahan dasar mineral

Penggunaan sunscreen sangat disarankan untuk ibu hamil. Dilansir Baby Center, ini karena hormon kehamilan dapat membuat kulit ibu hamil jadi jauh lebih sensitif dan cenderung memicu hiperpigmentasi, apalagi terkena sinar matahari.

Kandungan sunscreen yang aman adalah yang mengandung mineral yaitu zinc oxide dan titanium dioxide. Kedua kandungan tersebut tidak dapat menyerap langsung ke dalam kulit sehingga aman digunakan oleh ibu hamil.

5. Hindari skincare dengan kandungan kandungan derivat

Dilansir Beautynesia, bahaya dari kosmetik atau skincare yang berbahan golongan derivat pada ibu hamil bisa menyebabkan kecacatan pada janin dan keguguran. Apa saja sih kandungan derivat yang perlu dihindari selama kehamilan?

Produk yang berbahan derivat antara lain vitamin A, retinol, tretinoin, isotretinoin. Perhatikan kandungan ini dan hindari saat masa kehamilan ya, Bunda.

Simak juga ciri hamil berdasarkan perubahan kulit:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi