sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Hal Penting yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil, Jangan Dilanggar ya

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 20 Aug 2020 13:35 WIB
Woman cracking an egg into a bowl with  standing by in kitchen. Mother pregnant cooking in kitchen. caption
Jakarta -

Kehamilan mau tak mau memang membuat kebiasaan Bunda jadi berubah. Beberapa aktivitas ekstrem terpaksa harus dihindari untuk melindungi janin di dalam rahim.

Memang tidak ada aturan tegas mengenai larangan saat hamil. Tapi kalau Bunda ingin menjaga tumbuh kembang janin secara maksimal, tentu saja beberapa hal harus dihindari agar tetap sehat hingga persalinan tiba.

Seperti disarankan para ahli berikut 5 hal penting yang sebaiknya dihindari ibu hamil, dikutip dari laman Sheknows:


1. Sit-up

Setiap kehamilan memang berbeda satu sama lain. Tetapi, perlu diingat untuk selalu mendengarkan tubuh karena itu akan memberitahukan apa yang Bunda butuhkan.

"Segera berhenti melakukan sit up saat hami. Sebab, aktivitas ini hanya dirancang untuk melatih otot permukaan dan dapat memberikan tekanan tak perlu pada leher, fleksor pinggul, dan punggung," ujar Erica Ziel, spesialis kebugaran bersertifikat.

Iliustrasi Ibu Hamil5 hal yang sebaiknya dihindari Ibu Hamil/ Foto: shutterstock

2. Memutihkan gigi

Mencerahkan gigi sebaiknya menunggu sampai bayi lahir ya, Bunda. Sebab, produk pemutih gigi profesional serta produk pemutih gigi yang dijual bebas tidak dianjurkan selama kehamilan karena bahan kimia yang digunakan.

3. Konsumsi aromaterapi

Alasan mengapa calon ibu harus menghindari aromaterapi ialah karena minyak esensial tertentu dapat menjadi racun bagi janin, kata Dr Sarah Villafranco, Founder of Natural Skincare Company Osmia.

Jika Bunda berencana menggunakan minyak esensial secara oral, Bunda sebaiknya melakukannya di bawah bimbingan ahli yang terlatih.

4. Mengenakan sepatu hak tinggi

Ada beberapa perdebatan apakah memakai sepatu hak tinggi aman atau tidak untuk ibu hamil. American Pregnancy Association mengatakan bahwa menghindari sepatu hak tinggi akan menurunkan peningkatanĀ varises yang muncul.

Selain itu, penambahan berat badan dan perubahan hormon selama kehamilan memiliki dampak besar bagi tubuh, karena otot dan ligamen dapat melunak dan meregang. Sehingga, ibu hamil lebih rentan terhadap ketegangan pergelangan kaki dan ligamen.

5. Menghindari makanan berisiko

Melansir Healthline, daftar larangan terbesar untuk ibu hamil ialah menghindari makan daging mentah dan kerang, ikan dengan tingkat merkuri tinggi, makanan laut yang diasap, serta telur mentah.

Hal ini tentunya untuk menghindari kesehatan janin dari paparan bakteri listeria dan bakteri berbahaya lainnya yang dapat mengganggu kesehatan bayi dalam kandungan.

Nah, itulah beberapa hal yang sebaiknya dihindari ya, Bunda. Semoga membantu!

Bunda, simak yu penjelasan apakah ibu hamil boleh minum kopi dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi