sign up SIGN UP search


kehamilan

Foto Bayi Rachel Maryam Diunggah Mulan Jameela, Kondisinya Jadi Sorotan

Annisa Karnesyia Jumat, 09 Oct 2020 19:16 WIB
Rachel Maryam caption
Jakarta -

Rachel Maryam melahirkan bayi laki-laki bernama Muhammad Eijaz Mata Air, secara caesar pada Jumat (2/10/2020). Artis sekaligus politisi itu sempat mengalami pendarahan hebat hingga dirawat di ICU usai melahirkan.

Kondisi Rachel Maryam setelah melahirkan sempat dibagikan penyanyi Mulan Jameela di akun Instagram miliknya. Mulan mengunggah foto Rachel yang sedang menatap buah hatinya.

"Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillah,, Selamat atas kelahiran putra dari Bunda @rachelmaryams setelah melewati perjuangan panjang, Alhamdulillah sekarang dalam keadaan selamat ibu dan anaknya. Semoga menjadi anak yg sholeh, cerdas, membawa kebaikan dunia dan akhirat. Aamiin ya Allah," tulis Mulan, dikutip Jumat (9/10/2020).


"Mohon doanya utk Bunda Rachel agar dimudahkan dalam proses pemulihan pasca melahirkan ini," sambungnya.

Foto ini menjadi salah satu momen mengharukan Rachel saat melahirkan sang putra. Dalam foto, Rachel tampak berbaring dengan menggunakan masker.

Selain foto Rachel, netizen ikut menyoroti kondisi putranya. Ada lapisan putih yang memenuhi wajah putra politisi itu.

"Kenapa bayi bisa putih2 gitu ya?" tanya akun @salsabila***.

"Knp itu ko kotor debay ny," ujar @roiya***.

Foto Bayi Rachel MaryamFoto Bayi Rachel Maryam/ Foto: Instagram @mulanjameela1

Beberapa netizen lain kemudian mencoba menjelaskan kondisi yang dialami bayi Rachel. Menurut mereka, lapisan putih yang menutupi wajah baby Eijaz disebut vernix.

"Semua bayi baru lahir emg begitu mb. bukan kotor tapi itu namanya vernix, pelindung kulit bayi. baca deh d google utk nambah2 pengetahuan," kata akun @tina***.

Lalu apa sebenarnya vernix, dan benarkah terjadi pada semua bayi?

Dilansir Parents, saat bayi lahir, dia mungkin ditutupi vernix caseosa, yaitu lapisan tebal berwarna putih seperti keju. Jika bayi lahir melebihi waktunya, vernix mungkin hanya sedikit muncul atau hilang sama sekali.

Bayi tanpa vernix justru lebih berisiko memiliki kulit yang lebih kering, Bunda. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk tidak memandikan bayi dengan vernix setidaknya selama 6 jam, atau idealnya 24 jam. Namun, jika bayi terkena noda mekonium atau ibunya mengidap hepatitis, sebaiknya segera dimandikan.

Nah, vernix ini pertama kali muncul sekitar minggu ke-19 kehamilan, lalu larut ke dalam cairan ketuban setelah usia 34 minggu. Di dalam rahim, vernix bermanfaat untuk melindungi kulit bayi baru lahir dari suasana asam di cairan ketuban.

"Vernix juga bertugas sebagai pelumas yang membuat jalan lahir mudah dan membantu bayi keluar saat proses persalinan," kata Laura Riley, M.D, dokter obgyn di New York City.

Simak juga curhat dr.Reisa yang sengsara setelah melahirkan dengan proses caesar, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi