sign up SIGN UP search


kehamilan

Ternyata Ini 6 Arti Mimpi Hamil yang Mungkin Dialami Bunda

Haikal Luthfi Sabtu, 12 Sep 2020 17:41 WIB
Scared woman hiding under blanket. Afraid of the dark. Unable to sleep after nightmare or bad dream. Awake in the middle of the night in bedroom at home.  Monster under the bed or in closet. caption
Jakarta -

Mimpi merupakan bunga tidur yang bisa datang dengan berbagai macam rupa. Namun, pernahkah Bunda mengalami mimpi aneh? Terlebih mimpi tersebut berkaitan dengan kehamilan.

Menurut pakar psikiatri, Rafael Pelayo, MD, mimpi hamil sangat umum terjadi. Apalagi jika seseorang sangat ingin sekali hamil. Mimpi tentang kehamilan bisa jadi sesuatu hal yang menyenangkan, Bunda.

Dalam kasus yang terjadi pada ibu hamil, mimpi seperti itu sangat lumrah terjadi. Bahkan, biasanya terjadi berdasarkan trimester kehamilan lho, Bunda.


"Mimpi itu akan berhubungan dengan kondisi kehamilannya, trimester saat ini, dan apa yang terjadi di tubuhnya saat itu," kata Patricia Garfield, PhD. seperti yang dikutip dari laman WebMD.

Di samping itu, mimpi hamil juga menandakan bahwa wanita tidak serta merta akan hamil. Hal itu diungkapkan oleh pakar mimpi sekaligus penulis buku 'Dream on It, Unlock Your Dreams Change Your Life', Lauri Loewenberg.

"Jika Anda tidak hamil atau mencoba hamil dan bermimpi bahwa Anda hamil, itu berarti ada sesuatu yang sedang dikerjakan di kehidupan," ujar Lauri.

Dengan kata lain, bermimpi bahwa akan mempunyai bayi sering kali menandakan sesuatu yang positif. Misalnya, menemukan sesuatu yang baru atau mendapat pekerjaan baru.

Nah Bunda, ternyata banyak sekali berbagai penafsiran mengenai mimpi soal kehamilan. Meskipun begitu, mimpi tentang hamil dapat diartikan dengan berbagai cara. Selain yang sudah dijelaskan, terdapat beberapa skenario mimpi paling umum yang terkait dengan kehamilan lho, Bunda.

Mengutip Healthline, berikut skenario mimpi hamil yang umum terjadi:

Cropped shot of an attractive young woman wearing a sleep mask while lying in bedIlustrasi tidur/ Foto: iStock

1. Mimpi sedang hamil

Satu hal yang kerap terjadi tentang mimpi hamil adalah bahwa si pemimpi itu sendiri sedang hamil, Bunda. Dia mungkin akan terbangun dari jenis mimpi ini, membayangkan pola hidupnya selama kehamilan. Seperti merasakan perut yang berisi atau mengalami morning sickness (mual dan muntah).

Apa pun arti pastinya mimpi tersebut, kehamilan mungkin ada di pikiran Bunda dalam beberapa cara sehingga jenis mimpi ini terjadi.

2. Melihat orang lain sedang hamil

Bermimpi tentang orang lain sedang hamil bahkan bisa terjadi lho, Bunda. Hal ini dimungkinkan ketika melihat orang lain hamil, entah itu dialami teman, pacar ataupun anggota keluarga.

Jenis arti mimpi ini lebih cenderung dikaitkan dengan pengetahuan tentang kemungkinan mencoba untuk hamil atau hal lainnya.

3. Seseorang memberitahu bahwa ada yang hamil

Ada juga pembicaraan tentang mimpi di mana orang lain memberitahu bahwa ada yang sedang hamil. Mungkin dalam skenario ini, Bunda adalah orang tua yang memiliki anak atau pun mungkin Bunda memiliki teman atau pacar yang telah menyatakan keinginannya untuk memiliki anak.

Interaksi dan pikiran seperti itu dapat memasuki emosi alam bawah sadar. Hal Itu mungkin merupakan sesuatu yang akan menjadi impian.

4. Hamil anak kembar

Mimpi kehamilan umum lainnya adalah saat hamil anak kembar, Bunda. Memiliki mimpi seperti ini tidak berarti akan hamil anak kembar, tetapi Bunda secara tidak sadar mempertimbangkan kemungkinan skenario ini. Penjelasan lainnya adalah bahwa ada saudara kembar yang akan datang di dalam keluarga atau pasangan Bunda.

Atau bahkan Bunda memiliki teman yang memiliki anak kembar. Intinya adalah tidak mungkin memiliki anak kembar hanya karena telah memimpikan mereka.

5. Kehamilan yang tidak direncanakan

Meskipun kebanyakan skenario melibatkan kehamilan terencana, ada juga mimpi tentang kehamilan yang tidak direncanakan. Penjelasan yang mungkin untuk jenis mimpi ini adalah kecemasan mendasar yang mungkin dialami karena kemungkinan hamil secara tidak sengaja.

Namun, sama seperti mimpi kehamilan lainnya, hanya dengan bermimpi tentang kehamilan yang tidak direncanakan tidak berarti akan menjadi kenyataan.

6. Kecemasan kehamilan

Mimpi terkait kecemasan dapat dikaitkan dengan ketakutan akan hamil. Atau mungkin sudah hamil dan mengalami beberapa kekhawatiran yang mendasarinya.

Sumber kecemasan ini mungkin terkait dengan fluktuasi hormon, yang lebih menonjol selama kehamilan, tetapi juga dapat terjadi sepanjang bulan pada wanita yang tidak hamil lho, Bunda.

Pada intinya, mimpi kehamilan merupakan metafora dan simbol yang umum terkait dengan keadaan emosional, spiritual, psikologis, dan interpersonal kita. Sering kali mimpi hamil tidak ada hubungannya dengan akan segera menjadi orang tua, memiliki anak lagi, atau terkait kesuburan sistem reproduksi kita, Bunda. Jadi jangan terlalu dipikirkan ya!

(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi