sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Penyebab Sakit Leher dan Punggung saat Hamil, Salah Satunya Stres

Asri Ediyati Minggu, 01 Nov 2020 16:32 WIB
A portrait of pregnant young woman indoors at home, feeling tired. caption
Jakarta -

Menjalani kehamilan tentu bukan hal yang mudah. Ibu hamil harus menghadapi perubahan hormon, suasana hati, hingga perubahan kondisi fisiknya.

Saat hamil, Bunda pernah merasakan sakit leher dan punggung? Jika iya, tenang, Bunda enggak sendirian. Faktanya, sebagian ibu hamil pernah mengalami sakit leher dan punggung, terutama di trimester ketiga.

Nah, apa sih yang menjadi penyebab dari sakit leher dan punggung saat hamil? Berikut penjelasannya:


1. Hormon

Ketika memasuki trimester tiga, bagian dari proses tubuh bersiap untuk melahirkan bayi adalah melonggarkan ligamen dalam tubuh. Hal ini untuk membantunya mengembang sesuai kebutuhan.

Dilansir Babygaga, sayangnya, hormon tidak hanya menargetkan ligamen dan otot yang diperlukan untuk melahirkan bayi. Ini mempengaruhi semua ligamen dan otot di tubuh, termasuk di leher dan punggung.

2. Kurang gerak

Semakin lama seorang wanita dalam masa kehamilannya, semakin berkurang mobilitasnya. Ini karena kelelahan dapat terjadi lebih cepat, ibu hamil bisa saja beristirahat di tempat tidur.

Ibu hamil juga lebih sulit bergerak. Terlepas dari apa alasannya, saat kurang bergerak, tubuh bisa mulai kram, dan terutama untuk leher bisa menjadi kaku.

3. Penambahan berat badan

Seiring pertambahan berat badan selama kehamilan berarti pusat keseimbangan tubuh berubah karena sebagian besar berat berpusat pada perut ibu hamil.

Ini berarti bahwa nyeri punggung bawah mungkin terjadi karena tegang saat mencoba mengimbangi bagian tengah yang membesar. Demikian dilansir Healthline.

4. Postur tubuh yang buruk

Jangan salah, postur tubuh yang buruk tidak hanya memengaruhi punggung atas tetapi juga leher. Ini karena saat pusat keseimbangan berubah, punggung atas dan bahu membantu menghilangkan tekanan dari punggung bawah.

Kemudian, tidak hanya diterjemahkan menjadi nyeri punggung atas tetapi juga sakit leher. Alhasil ibu hamil yang memiliki postur tubuh buruk ini sering mengalami sakit leher dan punggung, Bunda.

5. Stres

Stres selama kehamilan sangat umum terjadi. Ketika calon ibu menghadapi stres, baik itu karena terus-menerus merasa sakit atau mual, memiliki ketakutan akan perkembangan bayi, maka ibu hamil tidak memungkinkannya mengelola stres dengan mudah.

Menurut The American Institute of Stress, pada gilirannya, stres pada ibu hamil bisa membuat leher dan punggung sakit. Jika seperti ini, coba konsultasikan kondisi ini ke bidan atau doula untuk memberikan Bunda afirmasi positif agar tidak stres.

Semoga informasi ini bisa membantu Bunda mengetahui penyebab sakit leher dan punggung yang dialami saat hamil ya.

Simak juga manfaat senam hamil melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi