sign up SIGN UP search


kehamilan

Menguak Fakta Buah Zuriat, Benarkah Bikin Bunda Cepat Hamil?

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 12 Jan 2021 07:00 WIB
Expecting muslim woman stroking belly sitting on sofa, carrying child harmony caption

Berbagai makanan banyak diklaim dapat mempercepat wanita mendapatkan kehamilan. Salah satunya dengan mengonsumsi buah zuriat yang dipercaya membantu pasangan suami-istri bisa cepat hamil.

Mengonsumsi buah zuriat memang menjadi cara yang cukup difavoritkan pasutri. Meski buah ini cukup sulit ditemukan di Indonesia, mereka rela menitip langsung kepada kerabat yang pergi beribadah di Tanah Suci untuk mendapatkan khasiatnya.

Buah zuriat atau biasa disebut buah doum memiliki nama latin Hyphaene thebaica. Buah ini juga dikenal sebagai pohon palem afrika. Habitat aslinya ada di sekitar hulu sungai Nil, Mesir, seperti dikutip dari laman Len-med.


Biasanya, buah zuriat berbentuk bulat berukuran 6x5 cm dan berwarna kuning hingga cokelat. Buah ini juga memiliki rasa yang manis seperti roti jahe. Karenanya, buah zuriat juga sering disebut sebagai roti jahe.

Buah ini juga kerap diekstrak dan diminum airnya untuk mendapatkan manfaat oksidan yang baik bagi tubuh. Sementara, untuk manfaat yang dapat mempercepat kehamilan sebenarnya belum ada penelitian valid yang menyatakan bahwa buah zuriat efektif untuk menyuburkan kandungan.

Ilustrasi hamil mudaIlustrasi hamil muda/ Foto: Getty Images/iStockphoto/CentralITAlliance

Namun, penelitian yang dilakukan di Mesir menyebutkan bahwa buah zuriat mengandung antioksidan. Dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung antioksidan mungkin baik untuk regenerasi sel reproduksi. 

Senyawa antioksidan bekerja dengan cara menghilangkan oksigen reaktif, di mana senyawa tersebut diproduksi secara alami oleh tubuh. Saat seseorang mengalami stres, tubuh akan mengalami oksigen reaktif tingkat tinggi yang disebut stres oksidatif.

Stres oksidatif ini dapat merusak stres, termasuk sel telur (sperma) dan sperma yang penting untuk reproduksi. Dengan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh identik dengan peningkatan kesehatan reproduksi yang dapat meningkatkan peluang kehamilan

Sehingga, mengonsumsi buah zuriat dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan. Selain potensinya yang baik menunjang kesehatan reproduksi, berbagai manfaat lain juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah zuriat.

"Kehamilan yang sehat membutuhkan perubahan fisiologis yang besar dan adaptasi metabolik dari pihak ibu. Nutrisi yang tidak memadai baik dalam bentuk gizi berlebih maupun gizi kurang, akan meningkatkan risiko dan kehamilan yang buruk baik bagi ibu dan juga janin,"ujar Dr Joshua Klein, ahli endokrinologi reproduksi seperti dikutip dari laman Global News. 

Ya, selama menjalani program kehamilan atau mencoba untuk hamil memang ada pedoman khusus yang perlu Bunda lakukan. Apalagi, tubuh juga membutuhkan kalsium, vitamin, dan mineral. Sehingga, pastikan Bunda memenuhi semua kebutuhan gizi tersebut untuk memudahkan proses pembuahan terjadi.

Ada baiknya, selain mengonsumsi asupan sehat, Bunda perokok juga perlu berhenti merokok. Sebab, racun dalam rokok dapat memengaruhi cairan telur yang dibuang. Selain itu, batasi juga asupan kafein di mana dapat membantu aliran darah ke ovarium dan panggul lebih lancar.

Itulah ulasan mengenai buah zuriat yang banyak dipercaya mempercepat kehamilan. Bunda pun dapat turut mengonsumsinya untuk mempercepat kehamilan. Nah, semoga sukses program hamilnya ya, Bunda!

Simak juga video berikut mengenai cerita Alan Budikusuma yang dimarahi orang karena menghamili Susy Susanti

[Gambas:Video Haibunda]



Banner dr.Tirta vs Melly Goeslaw
(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi