sign up SIGN UP search

kehamilan

7 Tips Menjaga Kesehatan Serviks agar Bunda Cepat Hamil

Hilda Irach Kamis, 03 Dec 2020 11:10 WIB
cepat hamil caption

Ingin cepat hamil setelah menikah merupakan harapan tiap pasangan. Namun, banyak pasangan suami istri yang sulit mendapatkan keturunan meski sudah lama menikah. Hati-hati  Bunda, bisa jadi petanda masalah kesehatan serviks nih.

Serviks adalah bagian mulut rahim yang menghubungkan antara vagina dengan rahim. Serviks ini  juga berhubungan dengan tempat keluarnya darah menstruasi, melahirkan bayi, serta jalur lewatnya sperma untuk bertemu sel telur dalam rahim. Sehingga kesehatan serviks tentu berhubungan dengan keinginan cepat hamil, Bunda.  

Tahukah Bunda, salah satu yang memengaruhi kesehatan serviks adalah keputihan. Biasanya, para perempuan tidak memberikan perhatian khusus pada masalah ini, Bunda. Pasalnya, keputihan merupakan suatu hal yang normal dan biasa terjadi pada kondisi-kondisi tertentu, seperti, sebelum dan sesudah menstruasi dan masa subur wanita.


Namun, keputihan juga bisa menjadi tidak normal, bahkan menjadi salah satu gejala dan penyebab kanker serviks.

Dokter kandungan dan kebidanan, dr. Astrid Padang, SpOG, di Rumah Sakit Atma Jaya, menuturkan, "Lendir atau keputihan yang tidak normal  ditandai dengan perubahan warna. Seperti kekuningan, kemerahan, kehitaman, bahkan kehijauan, serta diiringi dengan bau yang tidak sedap," ungkapnya.

Lendir yang kental, berbau anyir dan menimbulkan rasa gatal pada vagina, menunjukkan tanda-tanda bahwa telah terjadi infeksi nih, Bunda. Jika tidak segera ditangani, infeksi bisa menyebar hingga rongga rahim dan rongga panggul. Penumpukan yang terjadi pada saluran reproduksi ini kemudian bisa mengakibatkan radang dan kemandulan.

Maka dari itu, sangat penting bagi wanita memperhatikan kesehatan serviks, Bunda. Berikut ini 7 tips yang diberikan Astrid untuk menjaga kesehatan serviks agar cepat hamil. Disimak ya, Bunda!

1. Menjaga berat badan

Memiliki badan yang ideal memang menjadi idaman setiap wanita. Berat badan yang ideal juga berdampak pada kesehatan rahim lho.

Pasalnya, serviks berhubungan dengan hormonal.  Dengan menjaga berat badan, kadar estrogen menjadi stabil, sehingga berdampak pada kesuburan kewanitaan nih, Bunda. Sebab, salah satu penyebab kanker rahim adalah hormon yang tidak seimbang.

Oleh karena itu, jaga berat badan agar tetap ideal ya, Bunda. Dengan memiliki berat badan yang ideal, hormonal tentu akan lebih terjaga keseimbangannya.

2. Mengonsumsi asupan yang sehat

Mengonsumsi asupan yang sehat tidak hanya berpengaruh pada berat badan, tetapi juga kesehatan rahim nih, Bunda. Mengonsumsi sayuran seperti brokoli dan wortel menjadi pilihan yang baik jika Bunda ingin cepat hamil.

Sebab, kandungan Asam fosfat dan beta karotennya dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rahim. Selain itu, Bunda juga dianjurkan mengonsumsi asupan yang kaya akan vitamin C dan E. Sumber vitamin ini bisa Bunda dapatkan dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan seperti pepaya, bayam dan bahan makanan lainnya.

3. Hindari kebiasaan menahan buang air kecil

Seperti yang diungkapkan Astrid sebelumya, penyebab lendir atau keputihan yang tidak sehat adalah karena infeksi. 

Semakin sering Bunda menahan buang air kecil, akan memicu perkembangan bakteri di vagina. Sebab, vagina dan saluran buang air kecil berdekatan, sehingga infeksi akan menyebar juga di vagina. Jadi usahakan hindari menahan buang air kecil ya, Bunda.

4. Berolahraga secara rutin

Olahraga tidak hanya membantu Bunda menjaga berat badan agar tetap ideal. Tetapi juga menjaga kesuburan rahim. Seperti, yoga dan berenang bisa nih jadi pilihan Bunda.

Dengan berolahraga secara rutin dapat meningkatkan kesuburan wanita. Selain itu, berolahraga juga melatih fleksibilitas tubuh guna memperlancar proses persalinan.

Untuk tips lainnya baca di halaman selanjutnya, klik next ya, Bunda!

Bunda, simak juga ya cara mencegah kehamilan ektopik dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



 

Banner Gunawan

 

program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
Jangan gonta-ganti pasangan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!