sign up SIGN UP search


kehamilan

Tanda-tanda Hamil Muda Sebelum Telat Haid, Bunda Perlu Tahu

Tim HaiBunda Sabtu, 09 Jan 2021 16:47 WIB
Picture of young pregnant woman in her home holding hands on belly caption
Jakarta -

Salah satu momen yang ditunggu oleh para wanita dan pasangan yang baru saja menikah adalah kehamilan karena ini artinya selangkah lagi bisa mendapatkan keturunan. Sayangnya terkadang tidak cukup banyak orang yang tahu tanda-tanda hamil terlebih pada usia muda.

Nah, bagaimana caranya mengetahui tanda-tanda hamil muda sebelum telat haid?

Pembengkakan payudara

Hal pertama yang dapat Bunda lihat ketika mencari tahu apa saja tanda-tanda hamil yakni terjadinya pembengkakan pada payudara. Hal ini sebenarnya cukup umum karena payudara merupakan organ yang nantinya digunakan sebagai tempat ASI untuk bayi.


Payudara mengalami pembengkakan itu artinya payudara sudah siap untuk mempersiapkan ASI guna menyusui bayi nantinya. Selain berukuran lebih besar, pada orang yang hamil salah satu cirinya yakni payudara jauh lebih lunak dan sensitif. Beberapa wanita mungkin akan merasakan hal tersebut sebagai tanda menstruasi. Akan tetapi kasus ini jarang terjadi khususnya pada wanita yang melakukan program KB. 

Buang air kecil terus-menerus

Mengapa wanita yang hamil sering merasa ingin kencing terus menerus? Hal ini sebenarnya dipengaruhi karena rahim yang akan menekan kandung kemih sehingga menyebabkan ibu hamil merasa ingin kencing lebih sering. Banyak orang merasa ketika buang air secara terus menerus itu artinya karena terlalu banyak minum atau udara sedang dingin. Padahal hal tersebut bisa saja terjadi karena Bunda sedang hamil. Selanjutnya tanda-tanda hamil muda sebelum telat haid yang dapat Bunda kenali yakni mengalami sembelit atau konstipasi.

Terasa logam di bagian mulut

Salah satu hal yang cukup sering dirasakan oleh para wanita yang hamil yakni sering merasa seperti rasa logam di bagian mulut. Namun sayangnya belum ditemukan penelitian ilmiah mengenai hal ini. Seringkali ibu hamil mengonsumsi makanan manis atau air es untuk bisa menghilangkan rasa logam tersebut.

Sakit kepala

Sakit kepala atau migrain mungkin akan lebih sering menyerang ibu hamil di usia kehamilan muda. Sakit kepala di awal kehamilan cukup umum diderita oleh para wanita dan sakit kepala tersebut akan cepat hilang ketika menjelang waktu kelahiran. Sakit kepala dapat terjadi karena banyak darah yang mengalir ke bagian tubuh dan nantinya menyebabkan penekanan pada bagian saraf kranial.

Lebih cepat lapar

Hal lain yang menandai kehamilan di usia awal yakni seorang ibu akan merasa lebih cepat lapar. Hal ini cukup wajar karena ketika wanita hamil nantinya membutuhkan 200 kalori lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak hamil. Sayangnya banyak orang menyalahartikan menganggapnya sebagai tanda PMS. Selain itu, pada kondisi kehamilan otak dan berbagai kelenjar yang ada di bagian tubuh akan bekerja sama mengaktivasi hormon lapar. (PK)

Simak juga Bunda ciri-ciri hamil yang jarang disadari dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi