sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Persiapan Penting Sebelum Bunda Menjalani Gentle Birth

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 05 Nov 2020 16:35 WIB
Mother breastfeeding newborn baby in hospital ward, first breastfeeding caption

Bagi banyak wanita, hamil dan melahirkan bisa menjadi pengalaman yang benar-benar mengubah hidup mereka. Tidak saja menjadi momen spesial dalam hidup tetapi juga biasanya menjadi pengalaman yang positif.

Meski demikian, sisi lain dari pengalaman kehamilan dan kelahiran bisa mendatangkan traumatis bagi sebagian ibu. Terutama mereka yang pernah menjalani prosedur medis tertentu. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa 1 dari 4 wanita merasa dihantui oleh pengalaman melahirkan mereka yang kurang nyaman.

Di sinilah kemudian metode persalinan gentle birth menjadi pilihan persalinan bagi wanita. Di mana gentle birth merupakan metode persalinan normal yang memberikan pengalaman persalinan dalam situasi lebih tenang dan nyaman bagi ibu, sehingga dipercaya bisa mengurangi rasa sakit. 


"Gentle birth memberikan pengalaman yang nyaman, positif, dan membuat ibu serta bayi lebih bahagia dan lebih sehat,"ujar Velvet Escario-Roxas, seorang doula di Amerika, seperti dikutip dari laman Smart Parenting.

Gentle birth memang diketahui tidak saja melibatkan proses biologis saja tetapi juga psikologis. Itulah yang membuat para ibu yang melahirkan dengan metode ini merasakan lebih minim sakit dan lebih bahagia serta nyaman.

Bagi Bunda yang menginginkan gentle birth sebagai jalan persalinan buah hati, tentunya memang diperlukan persiapan khusus ya, Bunda. Di antaranya simak ulasan di bawah ini:

1. Mencari informasi sebanyak-banyaknya

Salah satunya yakni mencari inspirasi dari kisah kelahiran ibu di luar sana yang sukses melakukan gentle birth. Selain itu, cari informasi melalui buku atau artikel medis di situs yang terpercaya. Carilah berbagai cerita mengenai gentle birth yang dapat menjadi spirit bagi Bunda sebelum menjalani kelahiran secara positif.

2. Kelas persalinan

Kemudian, Bunda juga dapat mengikuti kelas persalinan guna mendapatkan informasi dan pengetahuan. Dengan cara ini, Bunda akan terbiasa dengan fisiologi persalinan.

3. Video persalinan

Oh ya, Bunda juga dapat menonton video yang menggambarkan persalinan sebagai hal yang menyenangkan. Serta, bacalah buku-buku tentang gentle birth untuk menambah wawasan Bunda. 

4. Minta bantuan doula

Selain itu, Bunda juga dapat mempertimbangkan doula yang dapat memberikan dukungan ekstra selama proses persalinan. Penelitian menunjukkan kelahiran dengan doula lebih cepat, tidak terlalu menyakitkan dan cenderung tidak melewati prosedur caesar, seperti dikutip dari laman Sarahockwell.

5. Mempersiapkan kelengkapan persalinan

Tak kalah penting, persiapkan juga perlengkapan kelahiran dengan sebaik mungkin. Guna melengkapi kenyamanan selama proses gentle birth, Bunda dapat menyediakan aromaterapi di ruangan untuk membuat tubuh rileks dan tetap konsentrasi selama proses persalinan.

Nah, sudah siap untuk menjalani gentle birth, Bunda? Semoga informasinya membantu ya, Bunda!

Bunda, simak yuk pijatan lembut untuk membantu memudahkan persalinan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi