sign up SIGN UP search


kehamilan

Mengenal Persalinan Gentle Birth dan Persiapan Penting yang Harus Dilakukan

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 26 Dec 2020 20:12 WIB
Young Pregnant woman touching stomach while waiting Travail towards window at hospital ward caption

Jakarta - Gentle birth mungkin tidak banyak dipilih menjadi jalan persalinan bagi kebanyakan orang. Tetapi, sebenarnya kelahiran ini juga dapat menjadi pilihan yang baik bagi sebagian ibu yang ingin merasakan kelahiran alami di rumah sendiri.

Gentle birth merupakan persalinan pervaginam dan persalinan dengan batasan tanpa intervensi medis. Persalinan ini dapat melibatkan berbagai pilihan, dari dokter yang dipilih hingga pereda nyeri yang digunakan.

Dalam gentle birth, Bunda dapat bekerja sama dengan doula atau bidan untuk membantu proses gentle birth di rumah. Bunda pun dapat memilih proses persalinan gentle birth dengan posisi yang nyaman. Termasuk jongkok, merangkak, berlutut, atau  bersandar pada sesuatu. Atau, Bunda juga dapat melahirkan di bak air hangat.


"Rencana kelahiran merupakan cara yang baik untuk mengeksplorasi semua pilihan yang tersedia. Termasuk ketika seorang ibu memilih untuk melewati gentle birth sebagai jalan persalinan,"ujar Karen Crick, seorang doula, seperti dikutip dari laman Natural Child.

Nah, bagi Bunda yang ingin mencoba persalinan gentle birth, memang ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan ya, Bunda. Simak yuk beberapa tips berikut ini, seperti dikutip dari laman Whattoexpect:

1. Bicarakan dengan tim ahli
Pastikan tim perawatan menyetujui pilihan yang Bunda ambil. Jika obgyn Bunda ragu-ragu dan tidak menawarkan pilihan gentle birth karena menganggap alasan tidak aman untuk Bunda, maka pertimbangkan untuk mengganti obgyn atau menggunakan bidan. 

2. Pertimbangkan menyewa doula
Sementara tugas obgyn ialah melahirkan bayi dengan sehat dan aman, doula merupakan pemandu sorak yang tepat untuk mendukung proses gentle birth yang Bunda alami. Bunda tentunya membutuhkan dukungan ekstra saat dorongan semakin intens. Dan, selama kehamilan, doula akan membantu proses tersebut.

3. Ikuti kelas persalinan
Bunda tentu tidak akan mengikuti ujian tanpa belajar. Jadi, tak ada salahnya mencari tahu dan belajar mengenai seluk beluk gentle birth sebelum menjalaninya. Ikuti kelas untuk mempraktikkan teknik yang bisa berguna saat persalinan.

4. Pelajari teknik manajemen nyeri alami
Dalam minggu-minggu menjelang persalinan, cobalah berbagai teknik manajemen nyeri tanpa obat dengan pasangan. Misalnya dengan terapi pijat, refleksiologi, latihan relaksasi, dan pernapasan, serta dengan penggunaan aromaterapi. 

Dengan melatih teknik yang sama berulang kali, itu akan menjadi kebiasaan ketika Bunda membutuhkannya. Termasuk ketika persalinan tiba. Sekaligus, latihan tersebut menjadi cara yang baik untuk melihat apa saja cara yang memiliki efek terbaik pada Bunda. Sehingga, Bunda dapat mempraktikkannya saat persalinan nanti.

Itulah beberapa tips yang bisa Bunda lakukan ya jika memilih persalinan gentle birth sebagai jalan kelahiran buah hati. Jangan lupa untuk selalu mengkonsultasikan terlebih dahulu apa yang akan Bunda putuskan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan saat persalinan. 

Semoga membantu ya, Bunda!

Banner liburan di masa pandemiBanner liburan di masa pandemi/ Foto: HaiBunda

Bunda, pelajari juga yuk pijatan lembut sebelum melahirkan seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi