sign up SIGN UP search


kehamilan

Pentingnya Konsultasi ke Dokter Kandungan Sebelum Program Hamil

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 10 Jan 2021 08:00 WIB
Close up of doctor and  patient  sitting at the desk near the window in hospital caption

Jakarta -  Belum hadirnya momongan dalam jangka waktu yang panjang membuat pasangan suami istri biasanya jadi cemas. Dalam kondisi seperti ini, perlukah Bunda dan Ayah berkonsultasi ke dokter sebelum memutuskan program kehamilan?

Melansir Planned Parenthood, ada banyak hal yang dapat Bunda lakukan sebelum melakukan program kehamilan serta memastikan nantinya Bunda dan calon bayi sesehat mungkin.

Salah satunya yang perlu dilakukan yakni mengunjungi dokter atau pusat kesehatan untuk mendapatkan perawatan pra-kehamilan yang menjadi langkah tepat sebelum menjalani program kehamilan.


Perawatan pra-kehamilan atau disebut perawatan pra-konsepsi membantu menemukan masalah yang dapat memengaruhi kehamilan Bunda. Sehingga, Bunda dan dokter dapat mengambil langkah-langkah untuk menghindari kemungkinan masalah di kemudian hari.

Dokter biasanya akan membicarakan bagaimana kesehatan fisik dan mental Bunda serta pasangan, serta memberikan pemeriksaan yang diperlukan untuk membantu Bunda mendapatkan kehamilan yang sehat.

Selain itu, dokter biasanya juga merekomendasikan agar Bunda pergi ke dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan. Jika Bunda menderita penyakit gusi, mendapatkan perawatan sebelum kehamilan dapat mencegah masalah kesehatan pada Bunda dan juga bayi.

Perlu Bunda tahu, kunjungan pra-kehamilan merupakan waktu yang tepat untuk Bunda dan pasangan menanyakan berbagai hal mengenai persiapan program kehamilan yang akan dijalankan.

Apalagi, ada banyak hal yang dapat terjadi selama kehamilan yang tidak dapat kita kendalikan. Karenanya, mendapatkan perawatan pra-kehamilan dari dokter sebelum hamil dapat membantu menurunkan peluang Bunda mengalami kehamilan berisiko tinggi. 

Khususnya ketika Bunda memiliki kondisi tertentu yang membuat kehamilan Bunda nantinya lebih sulit. Seperti misalnya tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau ginjal, memiliki riwayat keguguran, dan lainnya.

"Untuk itu, sekira tiga bulan sebelum mencoba jalani program kehamilan, disarankan untuk melakukan pemeriksaan pra-konsepsi dengan dokter Bunda,"kata Batya Grundland, kepala maternity care di Women College Hospital Family Practice Health Centre, seperti dikutip dari laman Todaysparent.

Kehadiran Bunda dan juga pasangan berkonsultasi dengan dokter sangatlah penting karena dokter tentunya akan memberikan vitamin prenatal yang dibutuhkan untuk kesuksesan program kehamilan yang akan dijalani.

"Kami ingin semua wanita mendapatkan vitamin prenatal atau setidaknya asam folat selama tiga bulan sebelum hamil,"jelas Grundland. 

Ini dikarenakan asam folat membantu mencegah cacat tabung saraf (masalah dengan perkembangan otak, tulang belakang, atau sumsum tulang belakang) yang dapat berkembang pada minggu-minggu pertama kehamilan, bahkan sebelum Bunda mendapatkan tes kehamilan yang positif.

Jadi, pastikan Bunda dan Ayah menjadwalkan waktu untuk berkunjung ke dokter kandungan untuk mendapatkan perawatan prakonsepsi ya, Bunda. Semoga sukses program kehamilannya ya, Bunda!

Bunda, simak yuk cerita Nuri 'Shaden' yang berharap punya enam anak dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Artis penyintas COVID-19



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi