sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Mitos & Fakta Masa Subur Wanita yang Pengaruhi Keberhasilan Program Hamil

Kamis, 31 Dec 2020 20:39 WIB
Happy Doctor Discussing With Couple In Clinic Mitos & fakta sekitar kehamilan/ Foto: iStock
Jakarta -

Mitos dan fakta seputar masa subur seringkali membuat wanita bingung untuk memulai program hamil. Beberapa mitos bahkan bisa membahayakan bagi ibu dan janin jika sudah terjadi kehamilan.

Perlu dipahami bahwa kehamilan bisa terjadi jika Bunda mengetahui kondisi kesehatannya dengan baik. Selain itu, mereka juga harus tahu masa subur dan kapan waktu untuk berhubungan seksual. Sebelum merencanakan kehamilan, Bunda sebaiknya mengetahui mitos dan fakta terkait masa subur.

Mitos dan fakta seputar masa subur wanita

1. Makan durian bisa meningkatkan masa subur

Makan durian tidak bisa meningkatkan masa subur. Durian hanya bisa membuat perut menjadi panas dan menyebabkan sendawa.


2. Makan kurma muda baik untuk kesuburan wanita

Kurma berkhasiat untuk menambah tenaga bukan untuk kesuburan. Kandungan gula di kurma memang baik untuk ibu hamil karena bisa mengatasi rasa lemas.

3. Wanita harus menghindari kafein karena memengaruhi masa subur

Wanita yang program hamil sebaiknya memang menghindari kafein. Kandungan kafein ada di kopi atau minuman berenergi. Minuman berkafein bisa mengganggu pola tidur Bunda, yang ujung-ujungnya akan berpengaruh pada mood hingga susah tidur.

4. Wanita dengan berat badan berlebih sulit hamil

Berat badan berlebih atau kegemukan bisa memengaruhi sel telur hingga sulit atau tidak bisa ovulasi. Ovarium pada wanita berat badan berlebih tidak bisa mengeluarkan sel telur (sel telur tidak pecah) untuk ovulasi. Untuk menjaga masa subur, berat badan sebaiknya ideal sesuai Body Mass Index (BMI).

5. Usia wanita memengaruhi masa subur

Faktanya, usia memang memengaruhi masa subur wanita. Wanita usia produktif, yakni 20 sampai 30 tahun terbukti lebih subur dibandingkan usia 40 tahun. Di usia 20 tahunan, organ reproduksi wanita masih bagus, salah satunya ovarium dan sel telur.

Menjelang menopause, wanita juga sulit untuk hamil karena sel telur sudah mulai berkurang. Masa subur untuk memproduksi sel telur juga sudah berkurang.

Simak yuk, mitos dan fakta yang memengaruhi kesuburan selanjutnya!

Bunda, simak juga yuk penjelasan nanas untuk ibu hamil dalam video berikut: 

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tips Cantik Sehat Saat PandemiFoto: Mia Kurnia Sari



(ank/rap)
Mitos dan Fakta menyangkut kehamilan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi