sign up SIGN UP search


kehamilan

15 Tanda Darurat yang Perlu Diwaspadai Ibu Hamil

Annisa Karnesyia Rabu, 18 Nov 2020 17:39 WIB
pregnant young woman caption
Jakarta -

Setiap wanita memiliki tantangan berbeda saat hamil. Setiap perubahan seringkali membuat ibu hamil khawatir tentang kondisi janin yang dikandungnya, Bunda.

Perubahan yang terjadi serta tanda darurat selama kehamilan memang perlu diwaspadai. Tapi, bukan berarti Bunda menjadi panik dan takut ya.

"Wanita perlu mengingatkan dirinya sendiri bahwa sebagian besar kehamilan berjalan lancar," kata Bruce Flamm, M.D., dokter obgyn di Riverside, California, dilansir Parents.


Meski begitu, tanda bahaya hingga komplikasi kehamilan bisa saja terjadi. Inilah mengapa ibu hamil harus mengetahui tanda-tanda darurat saat hamil.

Ibu hamil bisa menghubungi dokter kandungan jika merasa tanda darurat muncul selama kehamilan. Disarankan juga untuk menghubungi tenaga kesehatan ahli jika ibu memiliki pertanyaan seputar kehamilan.

Lalu apa saja tanda-tanda darurat saat hamil yang perlu diwaspadai? Dikutip dari Buku Pintar Ibu Hamil oleh Tim Navitri, simak 15 tanda darurat ini. 

1. Sakit perut yang hebat atau bertahan lama.

2. Pendarahan atau terjadi bercak dari vagina.

3. Bocornya cairan atau perubahan dalam cairan yang keluar dari vagina, yaitu apabila menjadi berair, lengket, atau berdarah.

4. Adanya tekanan pada daerah panggul, sakit di daerah punggung bagian bawah, atau mengalami kram perut sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu.

"Kram perut yang terjadi di usia kehamilan 8 sampai 12 minggu perlu diwaspadai. Dikhawatirkan di usia ini kehamilan belum kuat," ujar dr.Karno Suprapto, Sp.O.

5. Rasa gatal yang menetap di seluruh tubuh, terutama jika dibarengi kulit yang menguning, urine berwarna gelap, dan feses berwarna pucat.

Klik next untuk penjelasan tanda darurat lainnya, Bunda.

Chow Yun Fat dan istri

Simak juga tips mudah atasi kaki bengkak pada ibu hamil, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi