sign up SIGN UP search


kehamilan

Ajaib! Bayi Lahir Setelah Embrio Dibekukan 28 Tahun, Seusia Ibunya

Annisa Karnesyia Kamis, 10 Dec 2020 13:12 WIB
Donor dan Pembekuan Embrio
baby feet in wooden crib caption

Kelahiran Molly menunjukkan, tidak ada batasan waktu bagi embrio untuk dibekukan. Terlebih, teknik pembekuan telah berubah secara signifikan sejak 1990-an.

Diketahui, embrio Molly dibekukan pada 14 Oktober 1992. Direktur University of Tennessee Preston Medical Library, Martha Earl, sudah meneliti jurnal medis dan tidak pernah menemukan kasus kelahiran hidup dari embrio yang telah dibekukan lebih dari 20 tahun.

Sementara dikatakan Dr.Sigal Klipstein, direktur program donor sel telur di InVia Fertility Specialists di Chicago, lamanya waktu yang dihabiskan embrio untuk dibekukan bukanlah hal penting bagi dokter kesuburan. Paling penting itu kualitas embrionya, Bunda.


"Jika itu adalah embrio berkualitas baik, kami mengharapkan dia akan tetap menjadi embrio yang baik pada saat pembekuan dan waktu pencairan," ujar Klipstein.

Menurut NEDC, masa simpan embrio beku memang tidak terbatas. Tapi, kerangka waktunya dibatasi oleh usia teknologi. Contohnya, bayi pertama lahir di Australia pada 1984 dari embrio yang dibekukan setelah proses IVF atau bayi tabung.

"Sangat mungkin suatu hari nanti akan ada embrio berusia 30 tahun yang lahir," kata Mark Mellinger, direktur pemasaran dan pengembangan NEDC.

(ank/muf)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi