sign up SIGN UP search


trending

Kisah Mengharukan 5 Wanita Lanjut Usia Melahirkan Perdana

Annisa Afani Minggu, 26 Apr 2020 18:02 WIB
ilustrasi kakek nenek dan cucu caption
Jakarta - Setiap pasangan pasti sangat mengharapkan kehadiran bayi. Mereka tentunya mencoba segala cara, mulai dari menunggu hingga melakukan beberapa prosedur seperti fertilisasi in vitro (IVF) atau bayi tabung.

Ada banyak kisah yang terjadi dari belahan dunia tentang kehamilan dan kelahiran. Salah satunya bagi yang melahirkan pada usia yang tidak lagi muda, atau dapat dikatakan sudah tua.


Dilansir dari sejumlah sumber, berikut telah HaiBunda rangkum beberapa kisahnya:


1. Maria Rosaria Veneruso (61 tahun)

Maria Rosaria Veneruso dan suaminya, Enzo begitu bahagia atas kelahiran putra pertama mereka. Bagaimana tidak, mereka akhirnya memiliki anak setelah Maria berusia 61 tahun.

Kelahiran bayi yang diberi nama Elia Francesco dengan berat 3,5 kilogram (kg) pun tanpa intervensi medis tambahan di sebuah rumah sakit di wilayah Campania di bagian barat daya Italia. Maria yang mengandung dan melahirkan secara alami ini mengatakan bahwa harapan seumur hidupnya, yakni melahirkan, akhirnya terwujud.

"Saya telah memenuhi impian saya. Masa depan tidak membuat saya takut," ujarnya, dikutip dari Kidspot.

Menurut dokter Stefano Palmieri yang merawatnya, Maria tidak melakukan perawatan kesuburan untuk hamil. Bahkan Maria melakukan olahraga saat sedang mengandung.

"Wanita itu melakukan latihan fisik secara teratur sampai bulan ketujuh," ujarnya.

2. Adriana Iliescu

Wanita asal Rumania yang merupakan pensiunan dosen dan penulis novel anak-anak ini adalah seorang wanita yang kesepian. Akibatnya, dia ingin memiliki seorang anak.

Dikutip dari Fabiosa, Adriana akhirnya menjalani perawatan IVF dari seorang teman dokter dan menerima donor sperma anonim. Sebelumnya, Adriana telah menjalani perawatan kesuburan selama sembilan tahun untuk membalikkan efek menopause, sebelum dilakukan inseminasi buatan.

Setelah menjalani program tersebut, dia akhirnya memiliki anak ketika usianya menginjak 66 tahun 230 hari. Adriana melahirkan Eliza pada tahun 2005. Sebenarnya Adriana melahirkan bayi kembar tiga, namun kedua bayi lainnya meninggal dunia.

3. Maria Del Carmen Bousada de Lara (66 tahun)

Maria del Carmen Bousada de Lara melahirkan anaknya pada tahun 2006 saat usianya telah menginjak 66 tahun. Wanita asal Spanyol ini melahirkan bayi perempuan kembar melalui program bayi tabung dengan donasi sel telur. Saat itu, dia tercatat sebagai ibu tertua sedunia.

{MINGGU} 5 Kisah Mengharukan Wanita Melahirkan Perdana di Atas Usia 60 TahunMaria del Carmen Bousada de Lara/Foto: memim.com

Dilansir dari Oldest, Maria del Carmen diketahui telah berbohong mengenai usianya saat melakukan pembuahan buatan di klinik swasta di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Dia mengaku masih berusia 55 tahun saat menjalani prosedur itu.

Namun belum ada setahun setelah persalinan tersebut, dia didiagnosis menderita kanker. Maria del Carmen meninggal dalam usia ke-69 tahun.

4. Rajo Devi Lohan (70 tahun)

Rajo Devi Lohan adalah ibu lanjut usia lainnya dari India yang hamil ketika berusia 70 tahun. Rajo menjalani perawatan IVF pada 2007 ketika dia berusia 69 tahun dan melahirkan seorang putri pada tahun berikutnya.

Menurut Rajo, memiliki putri telah membuatnya merasa lebih sehat dan kuat. Dia pun merasa dapat hidup lebih lama hingga putrinya yang diberi nama Naveen tumbuh dewasa.

Rajo mengatakan, tidak memiliki rasa khawatir tentang masa depan putrinya jika dia meninggal lebih cepat. Itu karena suaminya memiliki istri lain yang jauh lebih muda darinya, sehingga dapat menggantikannya untuk merawat Naveen.

Selain itu, dia juga memiliki tanah. Tanah tersebut yang nantikan akan diwariskan kepada putri tunggalnya tersebut.

5. Dalinjer Kaur (72 tahun)

Daljinder Kaur baru memiliki anak pertama kali pada usia 72 tahun. Sebelumnya, dia telah mencoba memiliki bayi selama lima dekade bersama suaminya, Mohinder Singh Gill, yang berusia 79 tahun.

Dengan usia lanjut tersebut, Kaur pun hamil namun tidak secara alami, melainkan dengan menjalani perawatan IVF pasca-menopause. Kaur pertama kali memulai perawatan kesuburannya pada tahun 2013, namun sayangnya tidak berhasil.


Dia pun kembali menjalani IVF lainnya yang juga gagal. Hingga akhirnya usahanya tersebut membuahkan hasil. Dia melahirkan seorang putra bernama Arman pada tahun April 2016, dengan berat 2 kilogram (kg).

Simak juga cerita kenekatan Kartika Putri yang melahirkan sendirian di rumah dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi