sign up SIGN UP search


kehamilan

Apakah Ibu Hamil Boleh Mendapat Vaksin COVID-19? Simak Penjelasannya

Annisa Karnesyia Rabu, 09 Dec 2020 11:54 WIB
Apakah Ibu Hamil Boleh Mendapat Vaksin COVID-19?
Image of Hand holds Coronavirus Covid-19 Vaccine glass bottle. caption

Sementara Dr. Denise Jamieson, ketua kebidanan dan ginekologi di Emory University School of Medicine di Atlanta, berharap ibu hamil bisa mendapatkan vaksin COVID-19 jika sudah tersedia. Meski begitu, pemberiannya juga tidak boleh sembarangan.

"Penting bagi wanita hamil untuk diberi kesempatan dengan konseling yang cermat untuk divaksinasi, bahkan jika tidak tersedia banyak informasi tentang keselamatannya," ucap Jamieson.

Jika Bunda merasa bingung dan khawatir tentang pemberian vaksin COVID-19 selama hamil, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Bunda bisa mengambil keputusan setelah berdiskusi bersama keluarga dan tenaga medis.


Jangan lupa untuk melihat kemungkinan risiko yang bisa didapat dari pemberian vaksin. Lebih baik lagi jika kita sudah memiliki bukti dan data yang cukup tentang vaksinasi pada ibu hamil.

Mengutip Huffpost, dampak COVID-19 ini memang belum jelas. Sebelum jawaban tentang vaksin COVID-19 ini terjawab, sebaiknya ibu hamil tetap melakukan pencegahan agar tidak tertular ya.

Jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, serta menjauhi kerumunan.

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!