sign up SIGN UP search


kehamilan

Tips Penting agar Ibu Hamil yang WFO Terhindar dari COVID-19

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 22 Sep 2020 12:17 WIB
Ilustrasi wanita hamil pakai masker caption
Jakarta -

Pandemi Covid-19 memang memunculkan kekhawatiran bagi siapa pun. Tak terkecuali, para ibu hamil yang tetap beraktivitas setiap hari di kantor.

Wah, jangan sampai kekhawatiran Bunda mempengaruhi janin dalam kandungan ya. Sudah bukan rahasia jika ibu hamil harus menjaga mood agar tetap happy dengan pikiran yang relaks. Tetapi, saat pandemi seperti ini, ibu hamil memang jadi dihantui ketakutan ekstra dalam menghadapi wabah COVID-19.

Melansir Uchealth, CDC atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, menyarankan agar ibu hamil yang tetap beraktivitas menerapkan protokol kesehatan. Sebab, ibu hamil merupakan kelompok yang lebih rentan terhadap infeksi pernapasan virus seperti COVID-19.


"Wanita hamil mengalami perubahan imunologis dan fisiologis yang mungkin membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi pernapasan virus, termasuk Covid-19," tulis pakar kesehatan masyarakat di CDC.

Untuk meminimalisir risiko, ibu hamil diimbau untuk melakukan pencegahan ekstra. Seperti sering mencuci tangan dengan air dan sabun, menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol, membersihkan permukaan secara teratur di ponsel, menghindari kontak dengan siapa pun dengan gejala pilek atau flu, serta hindari tempat dengan banyak orang.

Selain itu, ibu hamil sebaiknya memang tetap melakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala agar kesehatannya tetap terpantau, baik dilakukan dengan bantuan tenaga pelayanan kesehatan ataupun pemantauan sendiri.

Menurut Franka Cadee, Presiden di the International Confedereation of Midwives, banyak ibu hamil takut untuk pergi menemui bidan atau dokter kandungan sehingga mereka melakukan konsultasi melalui telepon.

"Kemungkinan ibu hamil akan lebih sedikit menemui tenaga profesional kesehatan, untuk melindungi mereka dan profesional kesehatan dari infeksi. Karenanya, modifikasi juga dapat disesuaikan dengan pasien tergantung pada kondisi kehamilan masing-masing, misalnya kehamilan yang lebih rendah vs risiko yang lebih tinggi," ujar Cadee dikutip laman Unicef.

Cadee pun menyarankan para ibu hamil untuk mencari tahu solusi dari tenaga kesehatan, maupun komunitas untuk mendapatkan banyak informasi yang membantu selama kehamilan.

Semoga membantu ya, Bunda!

Bunda, cari tahu mengenai asupan alami untuk naikan imunitas tubuh di masa pandemi, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!