sign up SIGN UP search

kehamilan

Ngerinya Persalinan Paramitha Rusady, Mati Suri 4-5 Hari Usai Melahirkan

Yuni Ayu Amida Kamis, 17 Dec 2020 09:52 WIB
Cerita Paramitha Rusady Alami Persalinan Sulit
Paramitha Rusady caption

Sebenarnya Paramitha sendiri tidak tahu apakah yang dialaminya tersebut merupakan mati suri, ia hanya tahu bahwa proses yang dialaminya dulu saat melahirkan sangatlah sulit.

"Kalau mati suri ya enggak tahu, tapi mengalami proses yang begitu sulit, jadi cuma bisa bersyukur dan bersyukur," katanya.

Diakui Paramitha selama dalam keadaan koma, ia tidak menyadari apapun. Di saat terbangun ia hanya merasa seperti telah melakukan perjalanan yang sangat panjang.


"Enggak tahu apa-apa, kayak long trip aja, anggap kayak naik mobil balap gitu," ucapnya.

Di samping itu, ada hikmah yang ia petik dari kejadian tersebut, yakni bahwa dia mendapat kesempatan lagi dari Allah SWT, untuk menjalani hidup yang lebih baik.

"Ketika bangun lagi dikasih kesempatan lagi sama Allah SWT, harus lebih baik lagi hidupnya, yang penting enggak menyakiti orang, jangan bikin masalah, jangan berprasangka buruk tentang orang lain, yang baik-baik pokoknya," katanya.

Sekadar informasi, Paramitha melahirkan putra pertamanya pada 24 Mei 2007. Saat melahirkan, bintang sinetron Karmila itu sudah tak muda lagi, Bunda. Usia Paramitha kala itu 41 tahun, sehingga risiko mengalami komplikasi saat melahirkan pun cukup tinggi. 

Obgyn di Beverly Hills, dr Michele Hakakha mengatakan bahwa makin tua usia ibu hamil dan melahirkan, maka risiko yang dihadapi pun akan semakin besar. Tak cuma ibu yang berisiko, tapi juga bayinya.

"Selain kelainan kromosom (pada bayi), masalah umum lain yang dialami ibu saat hamil dan melahirkan di atas usia 40 tahun adalah preeklampsia, diabetes gestational, risiko kelahiran prematur, keguguran, masalah pada plasenta dan risiko bayi lahir mati," ujar Michele, dikutip dari Parents.

(yun/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi