sign up SIGN UP search


kehamilan

Penting Nih Bun, Beda Jerawat karena Hamil & Kesalahan Penggunaan Kosmetik

Annisa Karnesyia Sabtu, 02 Jan 2021 12:52 WIB
Kehamilan caption
Jakarta -

Masalah kulit paling sering terjadi selama kehamilan. Kulit ibu hamil bisa berubah menjadi kering, menghitam, atau bahkan tumbuh banyak jerawat.

Jerawat pada ibu hamil umumnya disebabkan perubahan hormon, Bunda. Dilansir WebMD, separuh ibu hamil dapat mengalami masalah ini dan dalam beberapa kasus bisa menjadi parah lho.

Perubahan hormon selama kehamilan juga bisa meningkatkan produksi minyak di kulit, sehingga menimbulkan jerawat. Sulit untuk memprediksi siapa yang akan mengembangkan masalah ini selama kehamilan.


Namun, wanita dengan riwayat jerawat saat menstruasi mungkin bisa berisiko mengembangkan kondisi ini saat hamil. Jika Bunda mengalami jerawat di trimester pertama, kecil kemungkinan akan terjadi lagi di trimester kedua atau ketiga.

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Emil R. Fadly, Sp.KK, FINSDV, FAADV, jerawat paling sering muncul di trimester pertama. Hal ini disebabkan peningkatan hormon luar biasa selama kehamilan.

"Lonjakan hormon estrogen dan progesteron naik mendadak untuk plasenta di kandungan. Lalu hormon testosteron juga terganggu sehingga menimbulkan jerawat," ujar Emil, dalam Live Instagram bersama HaiBunda, Selasa (22/12/2020).

Meski begitu, dalam beberapa kasus, jerawat juga bisa muncul di trimester ketiga. Umumnya, tingkat keparahan jerawat tidak seperti yang terjadi di trimester pertama. Seperti kita tahu, lonjakan hormon terjadi di trimester pertama.

Kondisi wajah yang berminyak juga dapat menyebabkan kulit kering lho. Kondisi ini biasanya terjadi karena faktor perubahan suhu di sekitar.

Mengatasi jerawat saat hamil enggak boleh sembarangan ya, Bunda. Perawatan jerawat saat hamil berbeda dengan jerawat yang muncul karena kesalahan penggunaan produk kosmetik.

Lalu apa beda jerawat karena hamil dan kesalahan penggunaan kosmetik?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tips Cantik Sehat Saat PandemiFoto: Mia Kurnia Sari
(ank/rap)
Beda Jerawat Hamil dan Kesalahan Penggunaan Kosmetik
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi