sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Tips Perawatan Kulit dari Dokter agar Ibu Hamil Tetap Glowing

Annisa Karnesyia Selasa, 22 Dec 2020 08:20 WIB
Ibu hamil caption
Jakarta -

Perubahan fisik umumnya dialami wanita selama hamil. Salah satunya adalah perubahan pada kulit, Bunda. Kulit kusam dan jerawatan menjadi keluhan paling umum di kalangan ibu hamil. Bunda juga mengalaminya?

Tak hanya itu saja, ibu hamil juga bisa mengalami masalah kulit serius karena perubahan hormon. Pada akhirnya, masalah justru bikin ibu enggak nyaman dan stres.

Menurut dokter spesialis kulit, dr. Nana Novia Jayadi, SpKK, ibu hamil bisa mengalami perubahan kulit secara fisiologi dan masalah kulit spesifik. Sekitar 80 sampai 90 persen mengalami perubahan fisiologis, hiperpigmentasi, serta kulit menggelap di ketiak dan area genital.


"Kulit ibu dapat mengalami berbagai perubahan, seperti stretch marks di daerah perut, flek hitam di wajah, serta peningkatan produksi kelenjar minyak yang memicu jerawat. Perubahan hormon juga dapat menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan kelembapan," kata Nana, dalam Media Gathering Nivea #SentuhanIbu 2020 via Zoom, Kamis (10/12/2020).

Perubahan kulit selama hamil bisa terjadi karena peregangan kulit, Bunda. Terutama di abdomen ibu yang menyebabkan robeknya serabut elastis di bawah kulit.

Selain itu, sekitar 90 persen terjadi karena perubahan hormonal, seperti peningkatan human chorionic gonadotropin (hCG), estrogen dan progesteron dari plasenta. Peningkatan hormon juga bisa memengaruhi pigmen kulit lho.

"Peningkatan hormonal ini menyebabkan peningkatan pigmentasi akibat adanya stimulus terhadap sel pigmen kulit (melanosit)," ujar Nana.

Selama hamil, penting bagi ibu merawat kesehatan kulitnya. Sebelum melakukannya, ibu perlu mengenali dulu masalah kulit yang dapat timbul selama kehamilan, bahkan setelah melahirkan

Masalah kulit pasca melahirkan dapat muncul karena lanjutan fase kehamilan yang mungkin belum tuntas. Meski tak perlu dikhawatirkan, Bunda sebaiknya berjaga-jaga supaya enggak stres.

Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan kulit saat hamil agar tetap glowing dan terhindar dari masalah? Klik NEXT untuk tahu tipsnya ya.

Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner YouTube SachaFoto: HaiBunda
Tips Merawat Kulit Selama Hamil
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!