sign up SIGN UP search


kehamilan

Manfaat Sayuran Hijau hingga Bit untuk Ibu Hamil, Bunda Perlu Tahu

Haikal Luthfi Jumat, 25 Dec 2020 11:47 WIB
sayuran hijau yang paling sehat caption
Jakarta -

Ibu hamil perlu asupan makanan yang sehat dan bermutu tinggi. Sebab, akan menentukan kondisi kesehatan, baik untuk ibu maupun bayinya.

Saat bayi masih berbentuk janin, makanan yang dikonsumsi oleh ibu akan turut diserap oleh janin yang berada dalam kandungan. Karena itu, selama kehamilan, asupan gizi pada makanan perlu diperhatikan ya.

Bunda harus memilih jenis makanan yang tepat, memakannya dalam jumlah yang tepat, dan pada waktu yang tepat pula.


Itu karena makanan apa pun yang tidak sehat dapat membahayakan dan menyebabkan komplikasi bagi ibu dan bayinya. Sementara itu, pola makan yang sehat dapat membantu menghindari komplikasi seperti diabetes gestasional, Bunda.

Nah, salah satu jenis makanan sehat yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil selama kehamilan adalah sayuran-sayuran yang kaya nutrisi. Seperti yang diketahui, sayur-sayuran memiliki kalori yang rendah serta merupakan sumber serat dan mikronutrien, seperti vitamin dan mineral.

Dilansir dari laman Parenting First Cry, ibu hamil disarankan mengonsumsi 2,5 hingga 3 cangkir atau sekitar 500 gram sayuran dalam sehari. Mengonsumsinya bisa dengan cara dimakan mentah ataupun dimasak, Bunda. Namun jika dimakan mentah, pastikan untuk dicuci bersih terlebih dahulu.

Sayuran sangat penting lantaran kaya akan sumber energi, vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan ibu hamil. Seseorang boleh saja mengonsumsi suplemen vitamin, tetapi sayuran tidak dapat digantikan dengan suplemen karena kebutuhan serat tidak dapat dipenuhi oleh suplemen vitamin.

Manfaat sayuran

Sayur memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil karena mengandung berbagai nutrisi penting seperti serat, asam folat, vitamin, dan mineral. Kurang mengonsumsi sayuran dapat mengakibatkan tubuh mengalami kekurangan zat gizi, sehingga dapat menimbulkan terjadinya berbagai macam masalah kesehatan.

Sayuran berwarna hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli dikenal yang paling bagus untuk kesehatan bayi dalam kandungan. Di samping itu, ada banyak jenis sayuran yang dapat memastikan tubuh ibu hamil terus menerima pasokan nutrisi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini jenis sayuran yang bermanfaat untuk ibu hamil dan bayi yang dikandungnya, antara lain:

1. Brokoli dan sayuran hijau

Brokoli merupakan satu dari sekian banyak sayuran berwarna hijau yang memiliki manfaat bagi ibu hamil. Seperti yang diketahui bahwa sayuran hijau memiliki kandungan asam folat tinggi guna mencegah kecacatan lahir pada bayi.

Fresh organic broccoli in an old metal colander shot on rustic wooden table. This vegetable is considered a healthy salad ingredient. Predominant colors are green and brown. Low key DSRL studio photo taken with Canon EOS 5D Mk II and Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USMBrokoli/ Foto: iStock

"Wanita perlu mengonsumsi setidaknya 400 mcg asam folat setiap hari setidaknya satu bulan sebelum pembuahan atau konsepsi dan selama kehamilan," kata Sara Tingle, praktisi perawat keluarga di Athena, Georgia, dikutip dari EatingWell.

Mengutip HealthLine, brokoli mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, serta terbukti kaya akan serat, yang dapat membantu mencegah atau mengobati sembelit. Selain itu, brokoli kaya akan antioksidan yang mana dapat membantu menjaga sistem kekebalan imun tubuh.

2. Wortel

Vitamin A pada wortel dikenal memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Dianjurkan pada trimester awal kehamilan, ada baiknya Bunda banyak mengonsumsi wortel untuk membantu perkembangan mata janin.

Selain itu, wortel mengandung fosfor di dalamnya, yang membantu mencegah segala jenis kram kehamilan. Tak sedikit ibu hamil yang mungkin mengalami kram dan otot kaku selama masa kehamilan, Bunda.

3. Paprika

Paprika adalah sumber utama vitamin C yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit umum seperti pilek dan batuk, Bunda. Sayuran ini juga dapat menyerap sejumlah zat besi dan membantu pertumbuhan otak bayi.

Mengutip What to Expect, penelitian menemukan bahwa makan paprika selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko komplikasi, seperti tekanan darah tinggi dan preeklamsia.

4. Tomat

Tomat merupakan pilihan sayuran yang sehat untuk ibu hamil, Bunda. Mengutip Mom Junction, tomat mengandung berbagai vitamin, serat dan zat besi yang aman dikonsumsi dalam jumlah sedang, Bunda.

Di samping itu, tomat mengandung likopen yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel serta mampu mencegah oksidasi lipid serum yang melindungi jantung. Ini membantu mengurangi kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau dikenal sebagai kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah.

5. Bit

Meski kerap disebut buah, bit tergolong sayuran yang masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya. Buah bit kaya akan vitamin dan serat serta dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Buku yang berjudul 'Superfoods for Pregnancy' menyebutkan bahwa bit dikenal memiliki sifat antioksidan yang dapat menjaga imunitas tubuh. Ibu hamil membutuhkan tingkat kekebalan yang tinggi untuk menghindari berbagai penyakit dan infeksi.

Selain itu, zat besi pada bit dapat memperbaiki kadar hemoglobin atau sel darah merah yang berguna untuk menyuplai oksigen. Zat besi bermanfaat bagi tubuh karena membantu mengurangi risiko ibu hamil terkena anemia.

Simak juga Bunda, menguak kandungan gizi selada pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Susy SusantiFoto: HaiBunda
(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi