sign up SIGN UP search


kehamilan

Viral Melahirkan di Bidan dengan Teknik Tiup-tiup Tanpa Mengejan, Ini Tarifnya

Annisa Karnesyia Kamis, 07 Jan 2021 17:42 WIB
Portrait of a beautiful young pregnant woman trying to breath to soothe the pain of her labor contractions in a hospital caption
Jakarta -

Melahirkan bisa sangat menyakitkan bagi wanita yang memilih prosedur normal. Tapi, hal ini tidak berlaku bagi wanita yang melahirkan di bidan cantik bernama Novelita Damanik.

Wanita yang akrab disapa bidan Novel ini sedang viral di media sosial karena teknik melahirkannya yang unik. Novel membantu persalinan normal dengan metode tiup-tiup tanpa mengejan dan minim trauma.

Di akun Instagram miliknya, Novel kerap mengunggah video saat membantu proses persalinan. Uniknya, beberapa pasien yang sedang melahirkan selalu terlihat santai dan tak menjerit histeris.


Di salah satu video, seorang wanita yang melahirkan anak pertamanya bahkan melakukan metode tiup-tiup sambil berdandan. Wanita tersebut tampak tersenyum sambil didampingi suaminya.

"Anak pertama tiup tiup sambil mekapan lahir. Padahal ketuban pecah dini," tulis Novel, dikutip dari Instagram @bidan_novel, Kamis (7/1/2021).

Baru-baru ini, Novel menceritakan tentang metode melahirkannya, Bunda. Ia ternyata sudah setahun belakangan menerapkan metode tiup-tiup untuk membantu proses persalinan.

"Itu namanya hypnotherapy. Kalau dari diri saya sendiri, saya belum pernah ikut pelatihan hypnobirthing, tapi saya analisa dari semua pasien saya yang banyak. Saya analisa emosional tiap pasien ini berbeda," kata Novel, dilansir YouTube Trans TV, Kamis (7/1/2021).

Instagram Bidan Novel ViralInstagram Bidan Novel yang Viral/ Foto: Instagram @bidan_novel

Menurutnya, secara alami bayi dalam kandungan sudah tahu kapan akan dilahirkan. Jadi, dia hanya berusaha menolong dengan mengontrol emosi si ibu.

Novel juga memperhatikan kebutuhan pasiennya saat melahirkan lho. Ia selalu berusaha memenuhi semua kebutuhan itu, sambil menjaga emosional pasiennya.

"Sebenarnya, bayi tahu kapan dia lahir dan (kita) pahami rahim kapan berkontraksi. Jadi, ikuti alam saja, hanya kontrol emosional pasiennya dengan cara bercanda, kasih make up dan kebutuhan dia," ujarnya.

Bermula dari analisa, Novel mulai menerapkan metode tiup-tiup ini. Ia juga banyak belajar dari pengalamannya sebagai bidan, Bunda.

"Banyak dari pengalaman diri sendiri. Contohnya, saya jadi bidan saat itu pengalaman satu tahun, saya juga pernah menangani yang panik. Saya butuh proses untuk jadi seperti ini," ucap Novel.

Di klinik bersalinnya, Novel mematok harga berbeda untuk setiap fasilitas melahirkan. Lalu berapa biaya melahirkan dengan bidan Novel?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga persiapan dan tips melahirkan normal menurut dokter kandungan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner hijabers TurkiFoto: Mia Kurnia Sari
Tarif Melahirkan dengan Bidan Novel
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi