sign up SIGN UP search


kehamilan

Simak 5 Tanda-tanda Penting Hamil Muda

Tim HaiBunda Jumat, 08 Jan 2021 10:37 WIB
Ilustrasi hamil 5 minggu caption
Jakarta -

Kehamilan menjadi salah satu momen yang dinantikan oleh setiap pasangan berkeluarga. Apalagi bagi orang yang telah lama mengidam-idamkan memiliki momongan. Namun terkadang banyak wanita yang tidak mengetahui bagaimana tanda-tanda hamil di usia muda. Nah, saatnya cari tahu ciri-ciri kehamilan usia muda sekarang.

Mudah mengalami kram

Salah satu cara yang cukup umum timbul di kehamilan usia muda yakni para ibu akan sering mengalami tanda-tanda hamil muda salah satu contohnya yakni kram serta munculnya bercak darah. Rasa kram dan bercak darah yang muncul pada kehamilan usia muda sering dianggap sebagai tanda-tanda haid sehingga banyak wanita yang tidak memperhatikan hal tersebut. Padahal ketika memasuki masa kehamilan sudah seharusnya wanita mematuhi beberapa pantangan misalnya konsumsi alkohol.

Bercak darah serta kram yang sering menyerang wanita hamil muda disebabkan karena proses perkembangan sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma berkembang menjadi blastosit. Blastosit merupakan sel yang sudah berisi cairan dan nantinya akan lanjut berkembang menjadi organ tubuh bayi. Apabila anda mengalami kram perut yang tak tertahankan dan munculnya bercak darah ada baiknya segera mendatangi dokter kandungan terdekat dan berkonsultasi tentang hal yang sedang anda alami.


Mual

Nah, ketika berbicara tentang tanda-tanda hamil muda maka hal yang paling sering dialami dan dianggap wajar yakni gejala mual atau sering disebut sebagai morning sickness, gejala ini sebenarnya sangat umum karena hampir 80 persen wanita mengalami hal ini. Seseorang yang hamil akan mengalami peningkatan hormone chorionic gonadotropin, hormon inilah yang nantinya mempengaruhi rasa mual pada wanita.

Terlambat haid

Salah satu tanda-tanda yang paling umum yakni mengalami keterlambatan menstruasi, hal ini terjadi karena ketika wanita tersebut hamil. Nantinya dinding rahim tidak bisa meluruh karena sudah dibuahi, oleh karena itu ketika seseorang hamil maka dia akan mengalami keterlambatan menstruasi.

Indra penciuman mulai sensitif

Hal lain yang cukup sering dialami oleh wanita haid yakni indra penciuman yang dimilikinya mulai sensitive. Anda pasti sering menemui wanita hamil yang merasa sangat sensitif dengan bau-bauan misalnya parfum atau bau makanan yang menyengat. Nah, jika anda mulai merasakan hal ini ada baiknya segera menghindari makanan penyebab indra penciuman menjadi sensitif. Hal ini bisa berguna untuk mengurangi perasaan tidak nyaman pada ibu hamil.

Kelelahan

Tidak banyak yang tahu salah satu tanda-tanda hamil muda adalah mudah mengalami kelelahan. Biasanya ini terjadi pada minggu pertama kehamilan. Oleh karena itu seorang wanita hamil muda membutuhkan banyak energi dan mengurangi aktivitas fisik yang dilakukannya. Segera hubungi dokter terdekat untuk informasi yang lebih lanjut. (PK)

Cek juga yuk Bunda ciri hamil dilihat dari perubahan kulit dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi