sign up SIGN UP search


kehamilan

Tips Memenuhi Kalsium Selama Kehamilan dengan Asupan Makanan dan Susu

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 26 Sep 2020 16:13 WIB
Beautiful young pregnant woman relaxing on sofa and eating corn flakes. Pregnancy concept. caption
Jakarta -

Memenuhi asupan kalsium selama kehamilan menjadi poin penting perlu dipenuhi. Apalagi, kalsium menjadi salah satu zat penting yang turut menopang tubuh Bunda ketika janin terus tumbuh di rahim Bunda.

Perlu Bunda tahu, kebutuhan kalsium terus meningkat ketika hamil. Terutama pada trimester ketiga, saat kerangka bayi berkembang pesat.

"Kerangka janin mendapatkan apa yang dibutuhkannya, apa pun yang terjadi, bahkan jika ia harus mengambil bagian penting dari tulang ibunya," ujar Murray Favus, MD, direktur bagian program tulang dan profesor kedokteran di University of Chicago, dikutip dari Parents.


Favus menambahkan, tubuh Bunda selama kehamilan juga dapat merasakan peningkatan kebutuhan janin dan menghasilkan lebih banyak vitamin D. Hal ini pun memungkinkan ibu hamil dan ibu menyusui untuk menyerap lebih banyak kalsium yang ada dalam makanan mereka.

Para ahli mengatakan kehamilan memang dapat menjadi waktu yang tepat untuk kesehatan tulang. Pertama, Bunda bisa menyerap lebih banyak kalsium. Kedua, tubuh Bunda menciptakan estrogen penguat tulang. Akhirnya, kerangka Bunda secara keseluruhan mendapat pelatihan kekuatan berkat bobot bayi yang dikandung.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, bisa mengonsumsi susu, selama kehamilan. Ditambah juga denganĀ makanan yang tinggi kalsium seperti sayuran hijau, udang, kacang kedelai, oatmeal, dan rumput laut.

Melansir dari Beingttheparent, Bunda dianjurkan untuk minum tiga cangkir susu sehari selama kehamilan. Terlepas dari berat badan, aktivitas fisik, dan tahap kehamilan. Jangan pula pernah melebihi batas ini karena tiga cangkir cukup untuk memberikan semua manfaat pada Bunda.

Mengonsumsi susu terlalu banyak selama kehamilan bukanlah pilihan yang baik ya, Bunda. Sebab, minum terlalu banyak susu selama kehamilan dapat menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan. Ingatlah selalu, moderasi adalah kuncinya.

Jika Bunda masih khawatir apakah asupan kalsium sudah terpenuhi sesuai yang dibutuhkan atau belum, ada baiknya menanyakan ke dokter ya, Bunda.

Ingat, Bunda, jangan pula menambahkan suplemen kalsium terlalu banyak karena justru dapat mengganggu kemampuan tubuh menyerap mineral lain, serta dapat menyebabkan sembelit atau meningkatkan risiko batu ginjal.

Saat periksa kandungan, tanyakan pada dokter mengenai makanan yang tinggi kalsium lainnya selain susu ya, Bunda. Sehingga kebutuhan kalsium selama kehamilan dapat tercukupi.

Simak juga penyebab tangan dan kaki bengkak saat hamil:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi