sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Rekomendasi Aplikasi Menghitung Masa Subur

Haikal Luthfi Sabtu, 20 Feb 2021 11:07 WIB
Young woman hiding behind a periods calendar and showing a positive pregnancy test caption
Jakarta -

Masa subur adalah sebuah fase dimana sel telur yang telah matang siap dibuahi. Sehingga bila wanita melakukan hubungan intim, maka peluang terjadi kehamilan sangatlah besar. Cara mengetahui masa subur, dengan melihat siklus menstruasinya, Bunda.

Secara umum, siklus menstruasi wanita berjarak antara 28 dan 32 hari. Tetapi, perlu diingat bahwa tidak semuanya memiliki siklus yang sama. Terdapat juga wanita yang memiliki siklus yang lebih pendek atau bahkan malah lebih lama.

Mengutip laman Your Fertility, ovulasi terjadi sekitar 14 hari sebelum haid dimulai. Jadi, apabila rata-rata siklus menstruasi seseorang adalah 28 hari, maka sekitar hari ke-14, dan hari-hari paling subur adalah hari ke-12, 13, dan 14.


Jika rata-rata siklus menstruasi adalah 35 hari, ovulasi terjadi sekitar hari ke-21 dan hari-hari paling subur adalah hari ke-19,20, dan 21.

Namun, jika memiliki siklus yang lebih pendek, katakanlah 21 hari, ovulasi terjadi sekitar hari ke 7 dan hari paling subur adalah hari ke 5, 6, dan 7. Sehingga kondisi ini sangat penting untuk dicatat.

Untungnya dewasa ini, perkembangan teknologi sungguh pesat, Bunda. Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) kini sudah banyak diterapkan di kehidupan sekarang. Sudah banyak aplikasi yang menawarkan kemudahan untuk mengetahui masa subur seorang wanita lho Bunda.

Adapun mengutip Very Well Family, berikut rekomendasi aplikasi untuk menghitung masa subur.

Young woman hiding behind a periods calendar and showing a positive pregnancy testmasa subur/ Foto: istock

1. Clue

Merupakan aplikasi yang dirancang oleh American College of Obstetricians and Gynaecologist. Aplikasi ini memudahkan Bunda untuk melacak periode menstruasi setiap bulannya.

Clue mengambil semua info pengguna untuk dianalisa dan mengidentifikasi apa yang akan terjadi, mulai dari siklus haid hingga gejala PMS.

Selain itu, aplikasi ini dapat diunduh gratis pada penggunaan tingkat dasar dan beberapa fitur berbayar tambahan yang ditawarkan seperti ringkasan kesuburan bulanan yang bisa dikirimkan melalui email.

2. Glow

Glow membantu Bunda untuk menandai tanggal-tanggal subur pada wanita. Cukup dengan menginput tanggal menstruasi dan suhu tubuh, aplikasi ini akan menandai tanggal mana yang memiliki kesempatan baby making tertinggi.

Misalnya menstruasi pertama terjadi ketika usia 13 tahun dan menyelesaikan menopause sekitar usia 56. Sehingga selama 43 tahun, periode tersebut merupakan masa subur. Meski angka-angka itu hanya rata-rata, tetap saja usia reproduksi seorang wanita sangatlah panjang.

Aplikasi ini juga dilengkapi untuk melacak kehamilan dan perkembangan bayi, ditambah aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu Bunda mengatur menstruasi dan kehidupan seks.

Aplikasi Glow dapat diunduh gratis dan menawarkan pembelian untuk fitur lainnya. Jika Bunda mendaftar untuk keanggotaan premium, Bunda dapat mengakses pesan pribadi dengan anggota komunitas di dalam aplikasi.

3. Ovia

Berbeda dengan aplikasi lainnya, Ovia dapat diunduh secara gratis, dengan semua fitur yang tersedia.

Dengan memasukan data ke aplikasi ini, Bunda dapat membuat prediksi masa subur dan skor kesuburan harian, sehingga dapat melihat seberapa besar kemungkinan untuk hamil.

Bunda juga dapat melacak berbagai metrik lainnya, seperti olahraga, tidur, suasana hati, dan makanan. Selain itu, terdapat komunitas Ovia yang mendukung semua pertanyaan seputar topik PMS dan menstruasi.

Terlebih lagi, Ovia benar-benar mudah dalam hal sinkronisasi data. Tidak hanya mendapatkan ringkasan siklus setiap bulan saja, tetapi juga dapat mengekspor data dan membagikannya.

4. Natural Cycles

Aplikasi Natural Cycles berfungsi memonitor suhu tubuh selama siklus menstruasi dan memberitahu wanita saat mereka bisa melakukan hubungan seks tanpa kondom tanpa khawatir untuk hamil.

Cara kerjanya dengan menggunakan termometer cerdas yang membantu wanita melacak masa subur mereka, mengingatkan waktu yang aman untuk melakukan hubungan seks tanpa alat kontrasepsi baik berupa pil ataupun kondom.

Sayangnya aplikasi ini berbayar, karena berfungsi sebagai alat kontrasepsi dan juga mencakup suhu basal tubuh.

5. Flo

Flo bekerja seperti alat pelacak kesuburan lainnya, mengambil data pengguna dan mengubahnya menjadi info yang dapat digunakan untuk memprediksi siklus menstruasi dan masa subur.

Aplikasi ini dapat memprediksi waktu datang bulan, ovulasi, dan kesuburan seorang wanita secara akurat. Selain itu, yang menonjol dari aplikasi ini yakni pada wanita dengan siklus haid yang tidak teratur, mampu memberikan gambaran akurat tentang kesuburan seseorang yang bisa jadi sulit diketahui.

Pengembang aplikasi mengklaim bahwa semua wanita dapat menggunakan aplikasi untuk lebih memahami dan memprediksi kesuburan mereka, termasuk wanita dengan menstruasi tidak teratur. Terlebih, aplikasi ini juga dapat diunduh secara gratis.

(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi