sign up SIGN UP search


kehamilan

Benarkah Alat Kontrasepsi Bisa Pengaruhi Kesuburan Bunda?

Annisa Karnesyia Sabtu, 06 Mar 2021 13:00 WIB
Woman hand holding a contraceptive panel prevent pregnancy caption
Jakarta -

Kontrasepsi menjadi pilihan tepat untuk menunda kehamilan. Namun, apakah kontrasepsi bisa memengaruhi kesuburan, terutama bagi Bunda yang ingin hamil?

Menurut banyak penelitian, wanita tetap bisa hamil meski pernah menggunakan alat kontrasepsi. Salah satu penelitian mengamati wanita yang telah menggunakan kontrasepsi selama tujuh tahun.

Peneliti menemukan bahwa 21,1 persen wanita ini hamil di bulan pertama masa suburnya. Sementara ada 79,4 persen yang hamil dalam waktu setahun.


Banner 5 Tanaman Hias Indoor Penghilang Debu

"Ini seperti peluang dari populasi umum untuk mengalami konsepsi. Perlu diketahui bahwa penelitian tersebut secara khusus hanya merujuk pada bulan pertama setelah wanita menghentikan kontrasepsinya," kata perawat Rachel Gurevich, RN, dilansir Very Well Family.

Studi lain yang diterbitkan dalam Gynecological Endocrinology meneliti 175 wanita yang menghentikan pil KB. Mereka lalu membandingkan dengan 284 wanita yang tidak pernah menggunakan pil KB.

Studi menemukan, 57,9 persen wanita yang menghentikan pil KB mengalami ovulasi dan memiliki fase luteal yang sehat. Namun, banyak wanita setelah minum pil KB yang memiliki siklus haid yang lebih lama dibandingkan wanita yang tidak minum pil. Kondisi ini berlangsung hingga 9 bulan.

Selain itu, banyak Bunda yang minum pil KB memiliki fase luteal yang lebih pendek dari biasanya. Namun, masalah ini dapat kembali dengan sendirinya pada 9 bulan setelah penggunaan kontrasepsi, Bunda.

"Penelitian ini tidak melihat tingkat kejadian kehamilan secara klinis dan apakah siklus haid yang tidak teratur bisa memengaruhi kesuburan," ujar Gurevich.

Penggunaan kontrasepsi yang dikaitkan dengan kesuburan memang belum banyak dibuktikan melalui penelitian. Namun, beberapa masalah kesuburan terkait kontrasepsi bisa jadi disebabkan beberapa hal. Apa saja?

Simak penjelasan lengkap di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga persiapan dan tips melahirkan normal, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

HUBUNGAN ALAT KONTRASESPSI DAN KESUBURAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!