sign up SIGN UP search


kehamilan

Ciri-ciri Hamil Anak Kembar, Calon Bunda Perlu Tahu

Nanie Wardhani Senin, 15 Mar 2021 16:35 WIB
Walau ciri-ciri hamil anak tunggal atau pun hamil anak kembar secara garis besar sama, namun ternyata ada beberapa ciri berbeda saat hamil anak kembar. caption

Saat hamil, mungkin Bunda sedikit bertanya-tanya, apakah jika Bunda merasakan berbagai gejalanya dengan intensitas yang lebih kuat, itu memiliki arti tertentu? Apakah rasa mual dan lelah yang berlebihan ini berarti sesuatu?

Walau satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Bunda hamil anak kembar atau bukan adalah dengan melakukan USG, namun ada beberapa gejala yang bisa jadi menunjukkan bahwa ada sesuatu yang berbeda dengan kehamilan tersebut. Yuk disimak beberapa ciri-ciri hamil kembar seperti dikutip dari Healthline berikut ini: 

Morning Sickness

Sebenarnya tidak ada alasan yang pasti mengapa mual-mual sering terjadi di awal kehamilan. Biasanya mual-mual ini dialami pada minggu ke-4, atau saat Bunda mulai melewatkan satu periode haid. Meningkatnya hormon kehamilan human chorionic gonadotropin (hGH) menyebabkan rasa mual yang bisa muncul kapan saja dalam satu hari, walau istilah yang digunakan adalah morning sickness, tapi rasa mual itu tidak selalu muncul di pagi hari.


Beberapa Bunda yang hamil anak kembar mengaku merasakan mual-mual yang lebih berat, atau lebih lama durasinya jika dibandingkan dengan kehamilan bukan bayi kembar. Walau pun setiap kehamilan pada setiap Bunda bisa berbeda-beda, tapi hal ini bisa jadi pertanda, terutama jika Bunda masih mual dan muntah setelah kehamilan melalui usia 14 minggu.

Banner daun calathea

Kelelahan

Ini adalah salah satu ciri atau gejala kehamilan yang umum dirasakan oleh setiap Bunda hamil. Namun pada kehamilan bayi kembar, rasa lelah yang dirasakan diakui lebih berat jika dibandingkan dengan kehamilan janin tunggal. Walau tidak ada cara pasti untuk memastikan kebenaran hal ini, namun jika Bunda merasa sangat lelah, usahakan untuk istirahat yang cukup ya, Bunda.

Kadar hCG yang Tinggi

human chorionic gonadotropin atau hCG adalah hormon yang diproduksi tubuh saat hamil. Ketika Bunda melakukan cek darah di rumah sakit, dokter Bunda akan melihat dari hasil tes darah tersebut. Jika hCG lebih tinggi dari kadar hCG Bunda hamil pada umumnya, maka dapat dipastikan bahwa Bunda hamil bayi kembar.

Detak Jantung Kedua

Saat Bunda melakukan pengecekan kehamilan rutin dengan dokter kandungan dan diperdengarkan detak jantung si kecil, maka akan langsung terdeteksi suara detak dua jantung. Hal ini tentunya akan langsung dapat dipertegas dengan USG kandungan Bunda.

Gerakan Janin Lebih Awal

Sebagian besar Bunda hamil biasanya belum bisa merasakan gerakan sang janin sebelum usia kandungan 18 minggu. Namun jika Bunda hamil anak kembar, gerakan janin sudah bisa mulai terasa bahkan dari sebelum kandungan berusia 18 minggu.

Lanjut baca halaman berikutnya yuk!

Bunda juga bisa simak informasi seputar mitos-mitos terkait kehamilan, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

MEREKA LEBIH DULU TAHU BUNDA HAMIL, BAHKAN SEBELUM BUNDA CERITA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi