sign up SIGN UP search


kehamilan

Sperma Keluar di Luar, Apakah Peluang Hamil Tetap Ada?

Kinan Minggu, 14 Mar 2021 16:41 WIB
ilustrasi sperma caption

Metode withdrawal atau pulling out, alias menarik penis keluar jelang ejakulasi, dianggap bisa mencegah kehamilan. Alasannya karena sperma dikeluarkan di luar vagina, sehingga proses pembuahan tidak bisa terjadi. Tapi benarkah demikian?

Menurut American Pregnancy Association, kehamilan masih mungkin terjadi meskipun suami merasa sperma dikeluarkan di luar vagina. Ini karena cairan pra-ejakulasi yang merembes keluar dari penis sebelum terjadi ejakulasi juga diyakini mengandung sperma.

Pengeluaran cairan pra-ejakulasi ini bertujuan untuk mengurangi keasaman di uretra dan memberikan pelumas bagi sperma yang hendak dikeluarkan saat terjadi ejakulasi. Kebanyakan pria tidak memiliki kendali atas hal itu dan tidak dapat merasakannya keluar.


Jadi, setiap kali penis bersentuhan langsung dengan area vagina, sebenarnya tetap ada kemungkinan untuk hamil. Namun kemungkinannya sangat rendah, terutama jika dibandingkan dengan hubungan seksual sampai ejakulasi.

Banner Aprilia Manganang

Sementara itu, dikutip dari Planned Parenthood, metode mengeluarkan sperma di luar memang dapat menjauhkan cairan mani dari vagina. Namun jika dilakukan dengan tujuan mencegah kehamilan, prosesnya harus dilakukan dengan benar.

Ini artinya, harus dapat dipastikan suami bisa menarik keluar penis sebelum ejakulasi. Tak lupa ejakulasi juga harus dilakukan sejauh mungkin dari vagina.

Pada dasarnya, kehamilan tetap bisa terjadi ketika ejakulasi atau cairan pra-ejakulasi masuk ke dalam vagina atau vulva. Cara terbaik untuk membuat metode pulling out ini efektif adalah dilakukan dengan jenis kontrasepsi lain. Termasuk pil KB atau kondom. 

Ya, kondom adalah salah satu alat kontrasepsi yang tepat untuk digunakan bersamaan dengan metode pulling out. Selain mencegah kehamilan, kondom juga membantu mencegah penularan penyakit menular seksual.

Baca ulasan lengkap di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga manfaat rajin bercinta di akhir trimester kehamilan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

JUMLAH SPERMA DIKELUARKAN SAAT EJAKULASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!