sign up SIGN UP search


kehamilan

Tanda-tanda Hamil Muda yang Sering Tak Disadari, Bunda Perlu Tahu

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 14 Mar 2021 13:17 WIB
Close up picture of a pregnant woman showing a love sign on her belly in the first trimester, outdoor caption

Tanda dan ciri-ciri awal kehamilan berbeda dari satu Bunda ke Bunda lainnya. Sehingga, tanda yang dirasakan Bunda mungkin bisa jadi tak dialami Bunda lainnya di luar sana.

Itulah mengapa seringkali kondisi hamil muda kerap tak disadari sebagian Bunda. Apalagi, gejala dari kehamilan ke kehamilan berikutnya juga turut berbeda dirasakan. Sehingga, inilah yang membuat Bunda tidak mengetahui kehamilannya.

Sebagian Bunda kerap melihat tanda dan gejala hamil muda hanya dalam seminggu setelah pembuahan. Tetapi, banyak juga Bunda di luar sana yang tidak merasakan gejala apa pun dan mereka pada akhirnya tidak menyadari bahwa sedang hamil muda.


"Gejala kehamilan sangatlah bervariasi dari satu Bunda dengan Bunda lainnya. Bagi kebanyakan Bunda, tanda awal kehamilan banyak berpatokan dari menstruasi yang terlewat," ujar Dr. Prudence Knight seperti dikutip dari laman Goodto.

Banner Aprilia Manganang

Dr. Knight mengatakan bahwa beberapa Bunda merasakan kelelahan dan sedikit mual sebelum menstruasi terlewat. Faktanya, mual dan muntah, serta kelelahan adalah gejala paling umum dari hamil muda. Dan, gejala ini muncul sekira enam minggu dari haid terakhir Bunda dan akan membaik sekira 12 minggu dan seterusnya.

"Beberapa Bunda juga mengalami sedikit bercak di sekitar waktu haidnya. Ini diperkirakan karena embrio yang ditanamkan di rahim," tambah Dr Knight.

Melansir WebMDtanda-tanda hamil muda yang dialami sebagian Bunda juga ditunjukkan dengan adanya perubahan pada payudara. Dalam hal ini, kebanyakan Bunda yang hamil muda akan merasakan payudaranya bertambah besar saat kelenjar susu membesar serta jaringan lemak membesar dimana menyebabkan payudara menjadi kencang dan nyeri. Biasanya ini akan berlangsung selama beberapa bulan pertama dan beberapa bulan terakhir kehamilan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga apa saja ciri-ciri hamil 1 bulan, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

MUAL HINGGA PUSING
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi