sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tips Mempersiapkan Program Hamil, Biar Sukses Bun

Rahmi Sarifa Kamis, 25 Mar 2021 17:03 WIB
Loving happy couple talking to each other at home caption

Jika Bunda sedang merencanakan untuk kehamilan, tentunya Bunda akan banyak mempersiapkan apapun yang dapat memungkinkan terjadinya pembuahan pada rahim Bunda. Ada hal lain yang perlu Bunda lakukan sambil tentunya memperhitungkan waktu ovulasi dan kapan berhubungan seks yang tepat.

Untuk mempersiapkan kehamilan, Bunda harus pastikan kondisi Bunda dalam keadaan prima. Sebab, keadaan yang prima sangat mempengaruhi keberhasilan pembuahan yang terjadi lho, Bunda. Setidaknya tiga bulan sebelum Bunda memulai program hamil, pastikan Bunda sudah terapkan hal berikut: 

Mulai berolahraga secara teratur

Tidak hanya kondisi yang fit saja membuat kehamilan dan persalinan menjadi lebih mudah, namun aktif berolahraga selama mempersiapkan kehamilan dapat meningkatkan keberhasilan pembuahan pada rahim Bunda. Aktivitas fisik yang dapat Bunda lakukan adalah seperti berjalan kaki, bersepeda santai, dan golf.


Banner Tanaman Hias untuk Bisnis Rumahan

Tingkatkan makanan bergizi

Menjaga pola makan yang sehat dapat meningkatkan kesuburan sehingga proses pembuahan juga dapat berjalan dengan lancar. Bunda dapat mengonsumsi makanan bergizi seimbang seperti buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian utuh, dan susu. Makanan ini akan memberikan fungsi yang baik untuk sistem reproduksi.

American Pregnancy Association juga merekomendasikan untuk mengonsumsi lebih banyak nutrisi berikut sebelum Bunda hamil, antara lain:

Asam folat: bagi Bunda yang ingin mempersiapkan kehamilan, Bunda harus mengkonsumsi 400 mikrogram asam folat per hari. Vitamin ini dapat diperoleh melalui sayuran hijau berdaun gelap, jeruk, kacang-kacangan, dan roti yang diperkaya dengan kandungan sereal. Serta, Bunda juga bisa menambahkan suplemen yang mengandung asam folat.

Kalsium: bagi Bunda yang ingin mempersiapkan kehamilan, Bunda harus mengkonsumsi setidaknya 1.000 miligram kalsium setiap hari, yang dapat diperoleh melalui susu rendah lemak, yogurt, sayuran hijau berdaun gelap, dan tahu.

Vitamin prenatal: Bunda dapat mencoba berbagai merek vitamin prenatal sebelum Bunda hamil. Beberapa pilihan termasuk varietas vegan, vegetarian, dan gummy. Beberapa vitamin sudah termasuk DHA, atau Bunda dapat konsultasikan ke dokter Bunda vitamin prenatal yang sesuai dengan kebutuhan Bunda.

Lanjut ke tips lain di halaman berikutnya, Bun!

Bunda, simak juga informasi menarik soal prediksi usia kehamilan melalui USG, dalam video pilihan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PERSIAPKAN TUBUH SEBELUM PROGRAM HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!