sign up SIGN UP search


kehamilan

Catat Bunda, 11 Makanan Ini Bagus untuk Lancarkan Peredaran Darah

Melly Febrida Senin, 19 Apr 2021 16:50 WIB
Mixed berries caption

Jakarta - Bunda, seiring bertambahnya usia tentu kondisi tubuh tak lagi sama ya. Untuk menjaga tubuh tetap fit, Bunda disarankan untuk lebih menjaga makanan nih. Termasuk salah satunya memilih makanan yang bisa melancarkan edaran darah.

Seperti yang kita tahu ya, kalau darah sangat dibutuhkan manusia untuk hidup. Darah ini juga tak ada hentinya beredar ke seluruh tubuh agar manusia tetap hidup. 

Dr Kristina Routh dan Tim Penulis dalam buku Knowledge Encyclopedia Human Body, mengatakan bahwa di dalam darah, sebagian besar terdiri dari cairan yang disebut plasma, bersama dengan tiga jenis darah yakni sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.  Semuanya memiliki tugas berbeda untuk dibawa ke dalam tubuh.  

"Sel darah merah membawa oksigen ke sel dan membuang karbon dioksida. Sel darah putih memburu dan membunuh bakteri dan virus, sementara trombosit memperbaiki kerusakan dengan menyumbat luka dan membantu darah menggumpal (menebal)," kata Routh.


Banner Pernikahan Putri Nabi Muhammad



Sementara itu, ahli nutrisi, Kathleen M.Zelman, MPH, RD, LD, menjelaskan kalau diibaratkan, darah itu seperti jalan tol di dalam tubuh. Ini membawa nutrisi dan oksigen ke segala organ dari jantung dan otak ke otot dan kulit.

Bunda tentu ingin peredaran darah di tubuh dalam kondisi sehat. Tapi, ingin saja enggak cukup karena beberapa usaha perlu dilakukan agar peredaran darah bekerja optimal.

"Pola makan yang sehat adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan sirkulasi atau aliran darah Anda. Dikombinasikan dengan olahraga, hidrasi, pengaturan berat badan, dan tidak merokok," kata Zelman.

Beberapa makanan, dikatakan Zelman, juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Berikut beberapa makanan yang bisa Bunda konsumsi untuk meningkatkan sirkulasi darah:

1. Cabai rawit

Cabai rawit tidak hanya membuat makanan menjadi pedas dan nikmat.  Berkat senyawa yang disebut capsaicin, lanjut Zelman, cabai rawit dapat membantu arteri bekerja dengan baik.  Ini juga dapat membantu mengendurkan otot-otot di pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir dengan mudah.  

"Dan itu bagus untuk tekanan darah Anda," jelasnya.

2. Bit

Sayuran akar berwarna merah ini kaya akan nitrat, yang dapat diubah tubuh menjadi oksida nitrat.  Oksida nitrat ini membantu melonggarkan pembuluh darah secara alami dan meningkatkan aliran darah ke jaringan dan organ.  

"Para peneliti telah menemukan bahwa jus bit juga dapat menurunkan tekanan darah sistolik yakni angka pertama dalam pembacaan tekanan darah," ujar Zelman.

3. Berry 

Buah-buahan ini kaya akan antioksidan, termasuk salah satu yang sangat baik untuk pembuluh darah yakni antosianin. Ini adalah senyawa yang memberikan hasil merah dan ungu dengan rona warna yang dalam. Antosianin dapat membantu melindungi dinding arteri dari kerusakan dan menjaganya agar tidak kaku.  Plus, antosianin memacu pelepasan oksida nitrat, yang membantu menurunkan tekanan darah.

4. Ikan berlemak 

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, trout, herring, dan halibut penuh dengan asam lemak omega-3.  Studi menunjukkan bahwa senyawa ini baik untuk peredaran darah. Makan ikan tidak hanya menurunkan tekanan darah istirahat,  ini dapat membantu menjaga arteri tetap bersih dan tidak tersumbat juga.


Apa lagi daftar makanan yang bagus untuk melancarkan edaran darah? Simak di halaman selanjutnya ya.

Bunda, jangan lewatkan penjelasan dokter mengenai makanan pemicu darah tinggi dalam video di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]

BAWANG PUTIH HINGGA BUAH JERUK BAGUS DICOBA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi