sign up SIGN UP search


kehamilan

Penyebab Penglihatan Kabur Saat Hamil dan Jelang Melahirkan

Annisa Karnesyia Jumat, 30 Apr 2021 14:28 WIB
Ibu hamil caption
Jakarta -

Banyak perubahan yang dialami Bunda selama kehamilan. Salah satunya, timbul masalah pada penglihatan.

Penglihatan mulai melemah hingga mata kabur memang bisa terjadi selama kehamilan hingga jelang melahirkan. Lalu apakah ini normal ya, Bunda?

Sebenarnya, Bunda enggak perlu khawatir dengan masalah ini. Penglihatan kabur selama kehamilan bisa kembali normal setelah melahirkan kok.


Menurut dokter kandungan, Dr. Arie Adrianus Polim, D.MAS, SpOG (K), gangguan mata ini dapat disebabkan kornea mata membengkak karena penumpukan cairan. Namun, penglihatan kabur juga bisa karena produksi air mata menurun akibat perubahan hormon.

"Mata akan terasa pedih dan seolah-olah seperti ada pasir. Bukan tak mungkin mata bisa menjadi merah dan sensitif terhadap cahaya," kata Arie, dalam buku 30 Perubahan Tubuh Selama Hamil.

Bila Bunda merasa enggak nyaman dengan kondisi ini, sebaiknya segera ke dokter ya. Jangan sembarangan menggunakan obat mata tanpa saran dokter.

Sementara itu, gangguan mata lain selama kehamilan dan persalinan yang belum banyak diketahui adalah luka mata serius. Kondisi ini bisa disebabkan retina robek, lepas, atau terkelupas.

Meski jarang terjadi, Bunda perlu hati-hati karena bisa menyebabkan kebutaan. Retina robek atau lepas selama kehamilan bisa disebabkan karena riwayat keluarga, memiliki kelainan mata rabun jauh, pernah operasi katarak, atau sering mengejan.

Selama kehamilan, proses mengejan inilah yang perlu diperhatikan. Jangan mengejan berlebihan saat BAB dan periksa kondisi Bunda sebelum persalinan ya.

"Sebelum persalinan tiba, pastikan Anda memeriksakan dan mendiskusikan kondisi mata ke dokter kandungan dan dokter mata. Melalui pemeriksaan, dokter dapat menentukan pilihan dan cara bersalin yang aman sesuai kondisi mata dan kandungan," ujar Arie.

Lalu apakah penglihatan kabur ini bisa menurun pada bayi yang dikandung? Pada trimester berapa kondisi ini terjadi?

Baca di halaman berikutnya ya.

Simak juga persiapan dan tips melahirkan normal dari dokter kandungan, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PENGLIHATAN KABUR BISA TERJADI DI TRIMESTER TIGA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!