sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Pantangan Makanan Ibu Hamil, Bisa Berbahaya untuk Janin

Annisa Karnesyia Minggu, 25 Apr 2021 07:00 WIB
Ibu hamil makan caption
Jakarta -

Bunda enggak boleh makan sembarangan selama masa kehamilan ya. Ada beberapa jenis makanan yang perlu dipantang karena dapat berbahaya untuk janin.

Pantangan ini bisa saja menu makanan favorit Bunda sebelum hamil. Meski sulit dihindari, tidak ada salahnya menahan diri untuk tak mengonsumsinya selama hamil.

Menjaga pola makan dan memilih jenis makanan sehat saat hamil dapat memengaruhi kesehatan Bunda dan janin lho. Jika makanan yang dikonsumsi tidak sehat, maka perkembangan janin bisa terganggu atau Bunda dapat terserang infeksi.


Nah, berikut telah HaiBunda rangkum dari berbagai sumber, 10 pantangan makanan ibu hamil. Catat ya, Bunda!

Banner tanaman hias pembawa hoki.Banner tanaman hias pembawa hoki./ Foto: Mia Kurnia Sari

1. Ikan tinggi merkuri

Ikan memang bernutrisi karena mengandung asam lemak omega 3, Bunda. Tapi tak semua ikan bisa dikonsumsi selama hamil ya.

Ikan yang tinggi merkuri bisa menjadi racun bagi sistem saraf, kekebalan tubuh, dan fungsi ginjal. Merkuri juga dapat menyebabkan masalah perkembangan yang serius pada anak-anak, bahkan bila kandungannya rendah.

Beberapa jenis ikan tinggi merkuri adalah ikan tuna (bigeye), king mackerel, swordfish, tilefish, dan ikan marlin. Bunda dapat mengganti jenis ikan ini dengan yang rendah merkuri, seperti salmon, tilapia, ikan teri, atau ikan cod.

"Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan agar Bunda konsumsi ikan merkuri rendah selama kehamilan. Ikan jenis ini bisa dimakan tiga kali seminggu," kata ahli nutrisi Adda Bjarnadottir MS, LN, dilansir Healthline.

2. Ikan mentah

Ikan mentah seperti sushi sebaiknya dihindari dipantang selama kehamilan. Ikan mentah dapat menyebabkan infeksi virus, bakteri, parasit, seperti norovirus, Vibrio, Salmonella, dan Listeria.

Infeksi selama kehamilan dapat menyebabkan dehidrasi dan kondisi lemah. Infeksi juga dapat ditularkan ke janin dan bisa berakibat fatal.

Bakteri Listeria dapat ditularkan ke bayi melalui plasenta. Bila hal ini terjadi, dapat menyebabkan kelahiran prematur, keguguran, lahir mati, hingga masalah kesehatan serius lainnya.

Simak juga fakta tape singkong yang katanya tidak dilanjutkan dikonsumsi selama hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

MAKANAN YANG PERLU DIHINDARI BUMIL: JEROAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi