sign up SIGN UP search


kehamilan

Perkembangan Bayi dalam 4 Minggu Pertama Kehamilan, Embrio Terus Tumbuh Bun

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 17 May 2021 07:00 WIB
Doctor showing baby ultrasound image to pregnant woman. showing ultrasound usg pregnancy gynecologist patient pregnant concept caption

Jakarta - Bagi seorang wanita, babak kehidupan baru yang sangat menakjubkan yakni ketika merasakan adanya bayi yang berkembang di dalam tubuhnya. Hal itu pun menjadi pengalaman luar biasa yang tak dapat diungkapkan dengan apa pun.

Sejak fase awal kehamilan, perkembangan janin akan menunjukkan perubahan yang menakjubkan. Meski bukan kehamilan pertama, tetap akan sensasi berbeda untuk kehamilan berikutnya, rasa takjub atas perkembangan di dalam perut selalu dirasakan.

"Kehamilan adalah perjalanan panjang yang terbagi menjadi tiga trimester. Masing-masing periode ini berlangsung antara 12 dan 13 minggu," ujar Dr Draion Burch, seorang dokter kandungan dan ginekolog di Magee Womens Hospital, seperti dikutip dari laman Live Science.


Selama tiap trimester, perubahan akan Bunda rasakan dari mulai perubahan tubuh Bunda serta janin yang sedang berkembang. Hal ini dimulai sekira dua minggu setelah Bunda mengalami menstruasi, kemudian terjadilah ovulasi dan ovarium akan melepaskan satu sel telur yang matang.

Banner Pria Sopir di ArabBanner Pria Sopir di Arab/ Foto: HaiBunda

Sel telur dapat dibuahi selama 12 hingga 24 jam setelah dilepaskan saat bergerak menuruni tuba falopi menuju rahim. Jika sel telur bertemu dengan sel sperma yang telah masuk ke tuba falopi, ia akan bergabung menjadi satu sel. Inilah proses yang dikenal sebagai pembuahan.

Saat pembuahan, jenis kelamin janin sudah ditentukan dan bergantung pada apakah sel telur menerima kromosom X atau Y dari sel sperma. Jika sel telur menerima kromosom X, bayinya adalah perempuan dan jika kromosom Y berarti bayinya laki-laki.

Dibutuhkan waktu sekira tiga hingga empat hari bagi sel telur yang telah dibuahi untuk pindah ke lapisan rahim, di mana ia menempel atau ditanamkan di dinding rahim. Setelah embrio ditanamkan, sel-selnya mulai tumbuh dan akhirnya menjadi janin serta plasenta yaitu jaringan yang dapat mengangkut oksigen, nutrisi, dan hormon dari darah Bunda ke janin yang sedang berkembang selama kehamilan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk informasi lebih lengkap! Bahkan, Bunda sudah bisa mengetahui nih perkembangan janin di usia 4 minggu.

Bunda, simak juga yuk faktanya apakah Bunda hamil enggak boleh makan singkong. Klik video di bawah:

[Gambas:Video Haibunda]



PERKEMBANGAN JANIN 4 MINGGU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!