sign up SIGN UP search


kehamilan

Usia Kehamilan 3 Bulan, Simak Perkembangan Janin & Tanda Bahaya

Kinan Senin, 19 Apr 2021 15:44 WIB
A pregnant woman and her female doctor are indoors in a hospital. The doctor is performing an ultrasound. caption

Jakarta - Kehamilan trimester pertama menjadi salah satu momen menakjubkan bagi sebagian besar bunda hamil. Terutama saat sudah masuk usia hamil 3 bulan.

Di waktu ini, meski baby bump belum terlalu terlihat, namun nyatanya si Kecil sedang tumbuh pesat. Berbagai proses tumbuh kembangnya berjalan kian pesat.

Agar lebih optimal, Bunda pun perlu lebih memerhatikan pola hidup sehat dan tak mengabaikan keluhan yang muncul. Berikut rangkuman informasi tentang serba-serbi usia hamil 3 bulan:


1. Gejala saat hamil 3 bulan

Memasuki bulan terakhir dari trimester pertama, keluhan paling umum yang terjadi yakni mual dan muntah. Sebagian bunda hamil merasakan gejala ini muncul di pagi hari, yang dikenal juga sebagai morning sickness.

Tak perlu khawatir berlebihan, ini sebenarnya wajar dan umumnya disebabkan oleh faktor hormonal. Ruang tumbuh untuk janin juga menjadi penyebab Bunda kerap mual saat hamil 3 bulan.

Selain morning sickness, gejala lain saat hamil 3 bulan di antaranya:

  • Sembelit dan kembung
  • Perubahan pada payudara seperti bengkak, gatal, dan puting menjadi tampak lebih gelap
  • Kelelahan
  • Pusing dan sakit kepala
  • Peningkatan nafsu makan
  • Perubahan suasana hati
  • Sering keputihan

Meskipun dianggap wajar dan normal, namun jika keluhan ini sangat parah dan sampai mengganggu aktivitas harian, segera cek ke dokter!

One woman, beautiful pregnant woman sitting at home, holding ultrasound pictures.Usia Kehamilan 3 Bulan, Simak Perkembangan Janin & Tanda Bahaya/ Foto: Getty Images/South_agency

2. Baby bump saat hamil 3 bulan

Jika ini kehamilan pertama Bunda, biasanya baby bump alias tonjolan di perut mungkin belum terlalu terlihat. Sebagian wanita, terutama yang memiliki otot inti kuat, biasanya baby bump baru mulai terlihat di usia 4-5 bulan.

Tak perlu membandingkan ukuran baby bump dengan bunda hamil lainnya, ya. Ukuran baby bump berbeda-beda pada tiap wanita, bergantung pada banyak faktor. Mulai dari ukuran tubuh hingga faktor lainnya.

3. Perkembangan janin saat hamil 3 bulan

Pada usia hamil 3 bulan, janin sedang mengalami proses tumbuh kembang yang sangat pesat. Panjangnya sekarang sekitar 7,5 cm, dengan berat kira-kira 23-25 gram. Ukurannya mungkin mirip seperti sebuah lemon. 

Mungkin Bunda belum merasakan adanya pergerakan, namun bukan berarti si Kecil belum bisa bergerak, lho. Ia justru sebenarnya mulai aktif bergerak di dalam rahim Bunda.

Di usia hamil 3 bulan, sistem pencernaan, otot, dan kerangka janin sedang berkembang. Selain itu, jari tangan dan kakinya juga mulai terbentuk. Beberapa perkembangan lain janin di usia 3 bulan yakni:

  • Ginjal mulai berfungsi
  • Refleks berkembang
  • Sumsum tulang mulai memproduksi sel darah putih
  • Alat kelamin juga mulai berkembang (artinya Bunda akan segera dapat mengetahui jenis kelamin janin

Yang unik, saat ini ia sudah bisa mulai mengisap jempol atau bahkan cegukan. Gemas!

4. Kebiasaan penting saat hamil 3 bulan

Menjaga kesehatan menjadi hal yang sangat penting bagi Bunda saat hamil 3 bulan. Perhatikan gaya hidup sehat, termasuk pola makan, waktu istirahat dan aktivitas fisik.

Jika perlu, minta saran dari dokter untuk mengetahui jenis olahraga apa yang cocok untuk Bunda. Beberapa jenis olahraga yang umumnya aman untuk bunda hamil misalnya berenang atau jalan kaki.

Perhatikan juga konsumsi suplemen vitamin yang diberikan oleh dokter. Jangan sampai terlewat dan patuhi aturan minumnya, ya.

Yang tak kalah penting, atur pola makan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh janin untuk bisa tumbuh sehat. Jangan lupa makan sayur, buah dan cukupi kebutuhan cairan harian.

Terakhir, perhatikan kualitas dan kuantitas jam tidur. Pastikan Bunda cukup istirahat agar terhindari dari risiko stres dan kelelahan. Berikan kesempatan pada tubuh untuk memulihkan diri dengan tidur nyenyak.

5. Keluhan yang tak boleh diabaikan saat hamil 3 bulan

Dikutip dari Healthline, risiko keguguran umumnya rendah pada usia hamil 3 bulan. Namun ada beberapa kondisi yang sebaiknya segera diperiksakan ke dokter. Jika tidak, dikhawatirkan justru membahayakan kehamilan.

Beberapa keluhan tersebut di antaranya:

  • Demam lebih dari 38,9 derajat Celcius untuk waktu yang lama (demam pada awal kehamilan membawa risiko lebih tinggi untuk cacat tabung saraf)
  • Sakit perut yang parah atau kram
  • Sakit punggung
  • Muntah terus-menerus
  • Nyeri saat buang air kecil atau tanda infeksi saluran kemih lainnya
  • Keputihan berlebihan, gatal atau tanda-tanda infeksi vagina lainnya

Demikian ulasan tentang kesehatan Bunda di usia hamil 3 bulan. Ingatlah untuk selalu menjaga kesehatan demi mendukung tumbuh kembang janin.

Bunda lupa tanggal haid? Bisa hitung usia kehamilan dengan cara berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi