sign up SIGN UP search


kehamilan

Tak Cuma Menangis, Bayi dalam Kandungan Juga Bisa Tersenyum Bunda

Annisa Karnesyia Selasa, 05 Oct 2021 16:10 WIB
Pregnant woman looking at ultrasound image of her baby at doctor's office. caption
Jakarta -

Bayi dalam kandungan ternyata bisa menunjukkan beragam ekspresi lho, Bunda. Selain cegukan dan menangis, bayi yang belum lahir bahkan sudah bisa tersenyum.

Sekitar usia sembilan minggu, janin umumnya mulai bergerak untuk pertama kalinya. Mengutip Parents, pergerakan itu mungkin baru bisa terlihat melalui pemeriksaan dengan ultrasonografi (USG).

Memasuki usia 13 minggu, bayi dalam kandungan sudah bisa memasukkan ibu jari ke dalam mulutnya. Meski pun, otot-otot mengisapnya masih belum sepenuhnya berkembang.


Gerakan pertama otot bayi tidak disengaja. Gerakan otot yang disadari baru bisa dilakukan sekitar usia 16 minggu.

Memasuki periode ini, bayi mulai rutin bangun atau tidur dan bergerak hingga 50 kali atau lebih setiap jam. Mereka juga mulai bisa menggerakkan kepala hingga area wajahnya, Bunda.

Saat mulai menggerakkan anggota tubuhnya, tanpa disadari wajah bayi bisa berubah menjadi ekspresif. Selain menangis, bayi ternyata bisa tertawa.

"Percaya atau tidak, bayi Anda mungkin bisa tersenyum jauh sebelum dia lahir. Bayi sudah bisa tersenyum di awal kehidupannya, bahkan saat di dalam rahim," ujar Dokter Anak Mark Gettleman, M.D.

Bayi tersenyum di dalam kandungan pertama kali terdeteksi melalui USG. Sejak tahun 2001, Dokter Kandungan Stuart Campbell telah menangkap gambar bayi tersenyum menggunakan USG 4D.

"Mereka melakukan gerakan bernapas di dalam rahim, padahal tidak ada udara. Mereka berkedip meski tidak ada cahaya. Jadi mereka sepertinya melakukan itu karena sedang mempersiapkan kelahiran," ujar Campbell, dilansir BBC.

Melalui USG 4D, Bunda bisa melihat dengan jelas ekspresi wajah bayi dalam kandungan. Alih-alih untuk persiapkan kelahiran, bayi tersenyum dalam kandungan bisa jadi merupakan gerakan refleks.

"Apa yang ada di balik senyuman, tentu saja saya tidak bisa mengatakannya, tetapi sudut-sudut mulut tampak naik dan pipinya menjadi menonjol. Saya pikir itu pasti indikasi kepuasan dalam lingkungan yang bebas stres," ujarnya.

Studi juga telah meneliti tentang bayi dalam kandungan yang bisa tersenyum. Selengkapnya bisa dibaca di halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga 4 kelebihan melakukan hubungan seks saat hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

STUDI TENTANG BAYI DALAM KANDUNGAN YANG BISA TERSENYUM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!