sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Cara Mengatasi Sulit Tidur Saat Hamil Tanpa Bikin Pusing

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 16 May 2021 10:00 WIB
Beautiful pregnant young woman  lies on sofa at home  relaxing. caption

Jakarta - Perubahan hormonal dan ketidaknyamanan fisik saat hamil dapat memengaruhi kualitas tidur. Tak jarang, Bunda pun jadi susah tidur karena beradaptasi dengan kondisi tersebut.

Ya, setiap trimester kehamilan memiliki tantangan tersendiri ya, Bunda. Dan, hal ini merupakan hal yang normal terjadi selama kehamilan. Menurut National Sleep Foundation, perubahan tidur paling umum yang mungkin terjadi pada setiap semester yakni sering terbangun karena kebutuhan ke kamar mandi yang mandi, gangguan tidur akibat stres fisik dan emosional yang berhubungan dengan kehamilan, meningkatnya rasa kantuk di siang hari, dan lainnya.

Memasuki trimester kedua kehamilan, frekuensi buang air kecil di malam hari menjadi lebih normal karena janin yang sedang tumbuh mengurangi tekanan pada kandung kemih dengan bergerak di atasnya, tetapi permasalahan tidur yang buruk tetap terjadi. Ini dikarenakan pertumbuhan bayi dan tekanan emosional yang terkait dengan kehamilan, seperti dikutip dari laman WebMD.


Sementara, saat masuk trimester ketiga, permasalahan tidur lebih dikarenakan adanya ketidaknyamanan karena perut yang membesar, mulas, kram kaki, sering buang air kecil di malam hari karena posisi yang berubah memberi tekanan pada kandung kemih, dan lainnya.

Menurut Eileen Sloan, seorang psikiater di Toronto Sleep Institute di Mount Sinai Hospital, bahwa hingga 80 persen wanita hamil mengalami insomnia saat hamil. 

"Mereka biasanya sulit untuk tertidur selama sembilan bulan saat sedang menumbuhkan bayi dan ini masalah signifikan bagi calon ibu," ujarnya, seperti dikutip dari laman Todays Parent.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut beberapa tips pun perlu diupayakan. Hal ini guna membantu Bunda yang sedang hamil mendapatkan tidur yang berkualitas. Berikut beberapa cara mengatasi sulit tidur yang bisa Bunda praktikkan:

1. Tidur telat

Meskipun ini tampaknya kontradiktif tetapi Sloan mengatakan bahwa daripada tidur lebih awal dan mengalami kesulitan tidur, lebih baik Bunda benar-benar tidur lebih lama dari biasanya. 

Baca informasi lebih lengkap dengan klik di halaman selanjutnya. 

Bunda, simak yuk penjelasan mengenai manfaat madu untuk atasi insomnia seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENGATASI SUSAH TIDUR SAAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!