sign up SIGN UP search


kehamilan

Ibu Hamil, Catat 4 Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 22 Nov 2020 10:03 WIB
Unhappy Woman Touching Her Head and Suffering From Headache. Portrait of an Attractive Young Woman Sitting on a Sofa at Home With a Headache, Feeling Pain and With an Expression of Being Unwell. People, Emotions, Stress and Health Care Concept Ilustrai ibu hamil susah tidur/ Foto: iStock

Jakarta - Kehamilan dapat membuat ibu hamil jadi mudah lelah. Sehingga, mereka pun membutuhkan istirahat cukup agar tubuhnya tetap fit selama kehamilan.

Sayangnya, permasalahan tidur tersebut seringkali tak tercukupi. Selama kehamilan, banyak bumil yang kerap mengeluhkan masalah insomnia yang dialaminya. Hal tersebut pun sangat mengganggu karena mereka jadi minim istirahat khususnya di malam hari.

"Pasien saya selalu datang kepada saya dalam keadaan panik karena mereka khawatir tidak bisa tidur. Tetapi, kurang tidur ini sama sekali tidak berbahaya bagi Bunda atau bayi Bunda. Tubuh akan secara alami melindungi dirinya sendiri dan memastikan Bunda akhirnya tertidur dan mendapatkan istirahat yang dibutuhkan," ujar Dr.Laura Riley, M.D, seorang obgyn di Weill Cornell Medical Center, seperti dikutip dari laman The New York Times.


Dr Riley menambahkan bahwa setiap semester memang dapat membawa banyak perubahan pada tubuh dimana hal tersebut akan memengaruhi tidur.

Kadar progesteron sedianya akan meningkat selama tiga bulan pertama kehamilan. Bunda pun akan merasakan rasa kantuk yang meningkat tetapi pada saat yang sama Bunda mungkin sedang berjuang mengatasi rasa mual yang dapat membuat Bunda lebih sulit untuk tertidur.

Sementara selama trimester kedua, rahim yang mulai bertumbuh memberikan tekanan pada kandung kemih yang dapat menyebabkan kebutuhan untuk beberapa kali ke kamar mandi di malam hari. 

Dan pada trimester ketiga, menjadi beban terberat dimana rahim yang membesar dengan cepat dapat mendorong asam dari perut ke atas kerongkongan dan memicu mulas. Ditambah lagi, keinginan buang air ke kamar mandi terus meningkat dan tentu saja tidur malam semakin tidak nyaman.

Melansir American Pregnancy, insomnia dalam kehamilan merupakan hal normal dan memengaruhi sekira 78 persen wanita hamil. Karenanya, Bunda tidak perlu khawatir karena insomnia bukanlah gangguan yang membahayakan bagi Bunda dan bayi.

Untuk mengatasinya, Bunda pun dapat mencoba beberapa tips berikut:

1. Cobalah posisi tidur baru

Persiapkan diri untuk waktu tidur dengan mandi air hangat atau mendapatkan pijatan terlebih dahulu.

2. Siapkan kamar

Atur kamar sedemikian rupa agar nyaman. Cobalah ubah suhu pendingin udara di kamar ke suhu yang nyaman dan putar beberapa suara yang menenangkan dimana dapat membuat Bunda mengantuk.

3. Cobalah teknik relaksasi

Bunda dapat mencoba teknik relaksasi yang biasanya diajarkan di kelas persalinan. Teknik ini sangat efektif membantu Bunda dapat tidur dengan nyaman.

4. Berolahraga teratur

Aktivitas fisik diketahui dapat menjadikan tubuh bugar dan membuat tidur lebih nyenyak. Nah, Bunda dapat mencoba strategi ini dengan melakukan olahraga di siang hari sehingga permasalahan insomnia tidak lagi mengganggu di malam hari.

Itulah beberapa tips yang bisa Bunda coba ya. Semoga bermanfaat dan sehat selalu sampai persalinan ya, Bunda!

 

Bunda, benar enggak ya, madu bisa atasi insomnia? Simak penjelasannya dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi