sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Cara Mengatasi Sulit Tidur Saat Hamil Tanpa Bikin Pusing

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 16 May 2021 10:00 WIB
CARA MENGATASI SUSAH TIDUR SAAT HAMIL
Woman with hands on stomach suffering from pain stock photo. Shadow DOF. Developed from RAW; retouched with special care and attention; Small amount of grain added for best final impression. 16 bit Adobe RGB color profile. caption

Bunda dapat melakukan aktivitas terlebih dahulu seperti membaca buku atau mandi air hangat dan segeralah tertidur. Jika Bunda bermain gadget, pastikan mematikan layar satu jam sebelum waktu tidur karena cahaya biru yang dipancarkan elektronik menekan sekresi hormon tidur melatonin.

2. Tidur siang pada waktu yang tepat

Penderita insomnia sering kali diberitahukan untuk tidak tidur siang. Tetapi, Sloan mengatakan mungkin ada pengecualian bagi wanita hamil yang sangat merasa lelah di siang  hari dan perlu istirahat. Kuncinya ialah tidur siang pada waktu yang tepat antara jam 1 siang dan jam 3 sore, di saat adanya penurunan alami dalam ritme sirkadian tubuh.

3. Bangun dari tempat tidur

Jika Bunda sudah mencoba selama 15 hingga 20 menit dan masih sulit tidur, segeralah bangun dari tempat tidur dan pergi ke suatu tempat untuk melakukan aktivitas yang tenang seperti melihat-lihat majalah dan sebagainya.


Cobalah tidur kembali dalam 20 menit untuk melihat apakah setelahnya Bunda siap untuk tertidur. Jika tidak, bangun lagi. Meskipun sulit, cobalah untuk tidak stres karena harus bangun karena hal ini bisa bekerja efektif mengatasi permasalahan sulit tidur.

4. Meditasi atau yoga

Pada beberapa Bunda hamil, kecemasan meningkat selama kehamilan. Jika Bunda merasakan gejala tersebut, lakukan meditasi atau yoga di mana dapat membantu Bunda merasa rileks dan lebih tenang untuk tidur.

Nah, semoga informasinya membantu ya, Bunda. 

 

(rap/rap)
kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!