sign up SIGN UP search


kehamilan

Mengenal CTS pada Ibu Hamil, ketika Tangan Terasa Kebas dan Mati Rasa

Arina Yulistara   |   Haibunda Kamis, 09 Jun 2022 18:40 WIB
Asian woman suffering from pain in hand at home. caption

Jakarta - Meski merupakan momen yang membahagiakan bagi pasangan menikah, memang tidak semua kehamilan dapat berjalan lancar ya Bunda.

Beberapa Bunda mungkin mengalami masalah yang tak pernah dialami saat sebelum hamil. Salah satunya mengalami carpal tunnel syndrome (CTS) pada ibu hamil.

Apa itu CTS pada ibu hamil dan bagaimana ciri-cirinya? Apakah CTS pada ibu hamil berbahaya untuk Bunda dan calon buah hati tercinta? Mengutip dari Healthline, berdasarkan studi 2015, CTS pada ibu hamil terjadi pada 31-62 persen wanita.


Para ahli tidak begitu yakin apa yang membuat CTS pada ibu hamil begitu umum. Namun mereka memperkirakan bahwa pembengkakan tubuh terkait hormon mungkin menjadi penyebabnya.

Kasusnya sama seperti retensi cairan pada kehamilan yang dapat menyebabkan pergelangan kaki dan jari Bunda membengkak. Ini juga dapat menyebabkan pembengkakan yang mengarah ke CTS pada ibu hamil.

Banner Bumil dan Janin LaparBumil dan Janin Lapar/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Mari kita bahas mengenai CTS pada ibu hamil, gejala, dan cara mengobatinya.

Gejala CTS pada ibu hamil

Berikut beberapa gejala CTS pada ibu hamil:

- Mati rasa dan kesemutan (hampir seperti rasa ditusuk jarum) di jari, pergelangan tangan, dan lengan, yang dapat memburuk pada malam hari.
- Sensasi berdenyut di tangan, pergelangan tangan, dan jari.
- Jari-jari bengkak.
- Kesulitan mencengkeram benda dan masalah melakukan keterampilan motorik halus, seperti mengancingkan kemeja atau memasang belt serta kalung.
- Satu atau kedua tangan bisa terpengaruh. Sebuah studi 2012 menemukan bahwa hampir 50 persen ibu hamil dengan CTS mengalaminya pada kedua tangan.

Gejala CTS pada ibu hamil memburuk saat kehamilan berlanjut. Satu studi menemukan 40 persen peserta melaporkan timbulnya gejala CTS setelah 30 minggu kehamilan. Inilah saat kenaikan berat badan dan retensi cairan paling banyak terjadi.

Penyebab CTS pada ibu hamil

CTS pada ibu hamil bisa terjadi ketika saraf median menjadi tertekan saat melewati carpal tunnel di pergelangan tangan. Saraf median berjalan dari leher, ke bawah lengan, dan ke pergelangan tangan. Saraf ini mengontrol perasaan di jari.

Carpal tunnel adalah lorong sempit yang terdiri dari tulang dan ligamen ‘carpal’ kecil. Ketika tunnel menyempit oleh pembengkakan, saraf dikompresi. Hal ini yang menyebabkan sakit pada tangan dan mati rasa atau rasa terbakar di jari.

Ketahui juga penyebab CTS pada ibu hamil di halaman selanjutnya ya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang

kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
BERAT BADAN JADI PENYEBAB CTS PADA IBU HAMIL?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!