sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Tanda Haid Selain Kram Perut, Salah Satunya Dorongan Seks Tinggi

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 23 Jun 2021 20:15 WIB
asian woman with menstruation and pain period cramps. young women having painful sleeping on sofa at her home caption

Jakarta - Jelang haid, biasanya ada beberapa tanda yang bisa Bunda rasakan. Mulai dari kram perut sampai mood yang super sensitif. Tetapi, adakalanya tanda-tanda haid tidak terlalu dirasakan. Hmm, kalau begitu, cari tahu yuk apa saja tanda-tanda mau haid yang lainnya, Bunda.

Beberapa hari sebelum haid dimulai, biasanya Bunda mengalami gejala yang menandakan bahwa haid akan segera datang. Gejala-gejala ini dikenal sebagai premenstrual syndrome (PMS).

Lebih dari 90 persen orang mengalami PMS sampai taraf tertentu. Sebagian besar Bunda mengalai gejala PMS ringan tetapi sebagian lainnya mengalami gejala yang cukup parah hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti dikutip dari laman Healthline.


Tanda haid yang umum Bunda rasakan:

1. Kram perut

Beberapa tanda-tanda mau haid yang khas di antaranya kram perut. Ini merupakan gejala PMS yang umum. Biasanya, kram perut dapat dimulai pada hari-hari menjelang haid dan berlangsung selama beberapa hari atau lebih lama setelah haid dimulai. 

Kram menstruasi biasanya akan dirasakan di perut bagian bawah. Rasa sakit dan kram juga bisa menyebar ke punggung bawah dan paha atas. Kontraksi rahim menyebabkan kram menstruasi dan kontraksi ini membantu melepaskan lapisan dalam rahim saat kehamilan tidak terjadi.

2. Jerawat

Tanda-tanda mau haid lain yang biasanya muncul yakni munculnya jerawat. Sebagian dari Bunda mungkin mendadak jadi jerawatan setiap mau haid. Dimana kemunculan jerawat biasanya meningkat sekira seminggu sebelum haid dimulai.

Jerawat terkait menstruasi sering muncul di dagu dan rahang, tetapi dapat muncul di mana saja di area wajah, punggung, atau area tubuh lainnya. Jerawat ini terjadi karena adanya perubahan hormonal alami yang terkait dengan siklus reproduksi.

3. Dorongan seks tinggi

Menandai haid yang segera tiba, tak sedikit Bunda yang merasakan adanya dorongan seks yang tinggi. Hal ini pun diutarakan oleh Alyssa Dweck, MS, MD, FACOG, seorang obgyn dan juga penulis The Complete A to Z for your V.

"Biasanya wanita dapat merasa sangat terangsang di periode tersebut karena adanya fluktuasi hormon," ujar Dweck dikutip dari Elitedaily.

Ulasan lebih lengkap klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Penyebab tidak haid setelah lepas KB, simak di video berikut ya:

[Gambas:Video Haibunda]



TANDA HAID JADI SUSAH TIDUR?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!