sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Tanda Datangnya Menstruasi, Sakit Kepala hingga Cemas Berlebihan

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 14 Apr 2021 11:33 WIB
asian woman with menstruation and pain period cramps. young women having painful sleeping on sofa at her home caption

Jakarta - Siklus bulanan atau haid seringkali tak disadari kehadirannya. Apalagi, kalau Bunda tidak memiliki riwayat catatan haid setiap bulannya. Tentu akan sulit melacak kehadiran tamu bulanan tersebut.

Biasanya, sebagian Bunda mengenali kehadiran siklus bulanannya melalui tanda-tanda haid yang kerap muncul. Dengan begitu, Bunda pun bersiap menghadapi gejala yang biasanya muncul selama siklus bulanan tersebut.

Menstruasi atau haid merupakan proses ketika darah dari rahim keluar dari vagina selama beberapa hari setiap bulannya. Bunda pun akan mulai mengalami menstruasi ketika masa pubertas, biasanya saat berusia sekira 12-15 tahun, seperti dikutip dari laman Planned Parenthood.


Secara umum, Bunda akan mendapatkan haid setiap 21-35 hari setiap bulannya. Perdarahan biasanya akan berlangsung selama 2-7 hari dan berbeda-beda waktunya dari masing-masing Bunda.

Banner Menu SahurBanner Menu Sahur/ Foto: HaiBunda

Biasanya, sebelum haid datang, beberapa tanda-tanda haid akan muncul. Beberapa Bunda akan mengalami kram atau gejala lain yang disebut PMS. Gejala PMS sendiri yang paling umum yakni kram di perut bagian bawah, kembung, jerawat, sakit pada payudara, merasa lelah, cemas, dan perubahan suasana hati.

"Hormon mengontrol dan mengatur tubuh serta kesehatan mental. Karena adanya fluktuasi hormonal, PMS kerap mengganggu keseimbangan dan seringkali memicu gejala seperti meningkatnya kecemasan," ujar Dr Sheryl A. Ross, MD, seorang obgyn di Santa Monica, California.

Dikatakannya lebih lanjut, adanya perbedaan kimiawi otak dan pengaruh hormon seperti estrogen dan progesteron, membuat Bunda memang lebih mungkin mengalami gangguan kecemasan dan bahkan serangan panik. Dan ini biasanya terjadi sebelum dan selama period, seperti dikutip dari laman Byrdie.

Selain itu, beberapa tanda-tanda haid lainnya juga perlu Bunda tahu ya. Berikut ini penjelsannya dikutip dari laman Medicinenet:

1. Payudara lembut

Perubahan kadar hormon sebelum menstruasi dapat menyebabkan nyeri, bengkak, dan nyeri pada payudara sebelum menstruasi.

Tanda-tanda menstruasi yang bisa Bunda amati lihat di halaman selanjutnya. Jangan lupa tekan klik ya, Bunda.

Bagi Bunda yang belum menstruasi lagi setelah melahirkan, pahami penjelasannya dalam video berikut yuk!

Inilah Tanda-Tanda Haid Yang Perlu Bunda Tahu
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi