sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Perbedaan Darah Haid dan Perdarahan Saat Hamil, Perhatikan Warnanya

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 23 May 2021 07:00 WIB
Asian women her stomach aches hard She wakes up in the middle of the night while she sleeps. caption

Jakarta - Bercak menjelang haid dan hamil seringkali sulit dibedakan ya, Bunda. Bahkan, tak sedikit dari Bunda yang kerap tak menyadari kalau bercak yang dialaminya merupakan tanda kehamilan.

Pada beberapa wanita, fase haid biasanya dimulai atau diakhiri dengan bercak, dan beberapa Bunda juga mengalami perdarahan lebih ringan dari yang lainnya. Karenanya, sulit membedakan antara bercak atau darah menjelang haid atau hamil, seperti dikutip dari laman Medical News Today.

Cara bedakan darah haid dan hamil:

1. Perhatikan jadwal

Perbedaan darah haid dan hamil bisa dicirikan dari jadwalnya ya, Bunda. Pada darah haid biasanya terjadi pada jadwal yang teratur setiap bulannya meski ada beberapa Bunda yang memiliki siklus haid tidak teratur.


2. Lihat bercak

Kemudian, pola perdarahan haid biasanya mengikuti polanya sendiri. Bagi banyak wanita, haid dimulai dengan bercak ringan, menjadi lebih berat selama satu atau dua hari dan kemudian secara bertahap menjadi lebih ringan, diakhiri dengan bercak.

3. Nyeri dan sakit kepala

Tak hanya itu, darah haid seringkali disertai gejala lain. Biasanya, dalam seminggu atau lebih sebelum haid, perubahan hormon dapat memicu gejala, seperti nyeri payudara dan sakit kepala. 

4. Warna darah

Saat rahim berkontraksi untuk mengeluarkan lapisan rahim sebagai darah, beberapa Bunda mengalami kram yang dapat berkisar ringan hingga intens. Serta, darah haid biasanya berwarna merah. Warnanya dapat membantu membedakan dengan tanda lainnya. Meskipun darah mungkin berwarna cokelat pada awal atau akhir haid. 

Melansir dari Parents, ketika sel telur telah dibuahi ditanamkan di dalam rahim, yang biasanya terjadi 10 sampai 14 hari setelah pembuahan, kadang-kadang menyebabkan bagian dari lapisan rahim terlepas. Hal ini menyebabkan adanya perdarahan implantasi yang mungkin merupakan salah satu tanda awal kehamilan.

Meski demikian, darah pertanda hamil biasanya hampir tidak bisa dibedakan dari bercak normal atau perdarahan yang dapat terjadi di pertengahan siklus, terutama pada Bunda yang menggunakan pil KB atau menderita sindrom PCOS.

Satu-satunya cara pasti untuk membedakannya yakni dengan melakukan tes kehamilan. "Wanita sangat ingin tahu apakah mereka hamil atau tidak. Mereka ingin melihat tanda-tanda pasti yang harus dicari, tapi sayangnya hanya waktu yang akan menjawabnya," ujar Anuja Vyas, M.D, FACOG dari Houston Methodist Obstetrics and Gynecology Associates.

Beberapa ahli mengatakan bercak yang awalnya berwarna cokelat atau anggur dan menjadi merah cerah kemungkinan besar merupakan awal fase period ya, Bunda.   

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak yuk alasan kenapa haid jadi tidak lancar dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



WAKTU YANG DIBUTUHKAN UNTUK MEMASTIKAN DARAH HAID
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!