sign up SIGN UP search


kehamilan

Apakah Bercak 1 Minggu Usai Haid Merupakan Tanda Hamil? Ini Faktanya Bun

Arina Yulistara   |   Haibunda Minggu, 19 Jun 2022 07:00 WIB
Ilustrasi hamil muda caption

Bercak atau flek sering kali menjadi salah satu tanda kehamilan, terutama jika telat menstruasi. Lalu bagaimana jika Bunda mengalami keluar bercak 1 minggu usai menstruasi, apakah itu merupakan tanda hamil?

Mungkin Bunda sudah selesai masa haid kemudian berhubungan badan dengan suami. Setelah itu, muncul bercak 1 minggu usai menstruasi dan bertanya-tanya apakah tanda hamil? Jawabannya belum tentu, Bunda.

Sebelum meyakinkan diri sendiri hamil dan akhirnya kecewa karena hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya Bunda memahami beberapa hal mengenai tanda-tanda bercak atau flek kehamilan. Bercak 1 minggu usai menstruasi tak melulu sebagai tanda hamil tapi juga bisa karena faktor kesehatan lainnya. 


Beberapa wanita bahkan memiliki masalah reproduksi yang bisa membuat Bunda keluar bercak 1 minggu usai menstruasi. Jadi, bercak 1 minggu usai menstruasi apakah tanda hamil?

Mengutip dari Medical News Today dan Healthline, simak penjelasannya di sini ya, Bunda.

Banner Cara Membuat Infused Water=

Bercak sebagai tanda kehamilan

Sebelum memastikan bercak 1 minggu usai menstruasi apakah tanda hamil, Bunda bisa memahami ciri flek karena kehamilan. Ada sedikit perbedaan antara ciri bercak tanda hamil dan menstruasi.

1. Warna

Pendarahan implantasi atau bercak tanda hamil cenderung memiliki warna lebih merah muda dan cokelat. Sementara itu, tanda pendarahan menstruasi mungkin mulai berwarna merah muda atau coklat, tapi segera berubah menjadi merah tua.

2. Kram

Kram yang terjadi bersama bercak tanda hamil biasanya ringan dan berumur pendek. Sementara itu, kram yang berasal dari menstruasi umumnya intens dan berlangsung lebih lama. Setiap wanita memiliki batas rasa sakitnya, Bunda yang paling memahami tubuh sendiri.

3. Tidak ada gumpalan darah

Jika Bunda melihat gumpalan saat keluar flek, ini adalah menstruasi bukan bercak tanda hamil. Bercak tanda hamil tidak akan menghasilkan gumpalan darah.

4. Tidak berlangsung lama

Bercak tanda hamil umumnya berlangsung 1 hingga 3 hari, sedangkan flek menstruasi bisa berlangsung 4 hingga 7 hari, Bunda.

5. Konsistensi

Bercak tanda hamil umumnya konsisten dan tak ada perubahan warna yang signifikan. Berbeda saat memasuki periode menstruasi, bisa dimulai dengan warna yang ringan dan semakin berat.

Perlu diketahui kalau beberapa wanita tidak memiliki gejala kehamilan pada minggu pertama. Namun sebagian lainnya mengalami gejala kehamilan, seperti kelelahan, nyeri payudara, dan kram ringan. 

Konsepsi atau pembuahan terjadi sekitar 14 hari setelah siklus menstruasi dimulai. Menurut Planned Parenthood, implantasi dimulai sekitar 6 hingga 7 hari setelah pembuahan.

Young woman looking miserable staring at pregnancy testApakah Bercak 1 Minggu Usai Haid Merupakan Tanda Hamil? Ini Faktanya Bun/ Foto: Getty Images/SolStock

Implantasi adalah momen saat sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim. Gerakan sel telur ini dapat memecah pembuluh darah di dalam dinding rahim sehingga menyebabkan pendarahan ringan.

Ketika Bunda bertanya-tanya, bercak 1 minggu usai menstruasi apakah tanda hamil,  perlu memperhatikan apakah flek tersebut ditandai dengan gejala kehamilan lainnya. 

Kita lanjut ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang perbedaan flek cokelat sebagai haid atau tanda hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



GEJALA HINGGA PENYEBAB BERCAK 1 MINGGU USAI MENSTRUASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!