sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Tanda Haid Selain Kram Perut, Salah Satunya Dorongan Seks Tinggi

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 23 Jun 2021 20:15 WIB
TANDA HAID JADI SUSAH TIDUR?
Asian women her stomach aches hard She wakes up in the middle of the night while she sleeps. caption

4. Nyeri payudara

Tahukah Bunda, ternyata banyak juga wanita yang mengalami nyeri payudara dan membuat area tersebut sangat sensitif untuk disentuh. Ini dikarenakan selama hari ke-14 hingga ke-28 siklus haid, estrogen menyebabkan saluran payudara membesar sementara progesteron mendorong kelenjar susu membengkak. Inilah yang menyebabkan payudara jadi lebih sensitif.

5. Insomnia

Situasi ekstrem lainnya sebagai tanda-tanda mau haid yakni Bunda jadi terserang insomnia. Dr Jason James, seorang obgyn di Hospital of Miami mengatakan perubahan hormon dapat memperlambat motilitas usus di mana akhirnya mengakibatkan retensi gas yang menyebabkan perut bengkak. Peningkatan aliran darah ke rahim juga dapat menyebabkan pembengkakan rahim dimana akhirnya menyebabkan perut kembung.

6. Perubahan suasana hati

Mungkin ini tidak berlaku untuk semua orang, tetapi sebagian besar Bunda merasakannya. Satu  menit Bunda mungkin bisa tersenyum, tertawa, dan merasakan happy. Tetapi tak jarang Bunda tiba-tiba bisa merasa sedih ataupun marah. 


Ingatlah bahwa hal ini wajar terjadi karena fluktuasi hormon sedang mengacaukan kepala Bunda. Sehingga, perubahan suasana hati sangat cepat berganti dalam waktu bersamaan.

7. Sakit kepala

Serangan sakit kepala menjadi salah satu tanda-tanda mau haid yang kerap dirasakan Bunda di luar sana. Tak jarang, sakit kepala yang dirasakan cukup ekstrem sehingga mengganggu kenyamanan.

Bunda dapat meredakan sakit kepala tersebut dengan mengoleskan es dan juga melakukan teknik relaksasi. Jika semakin parah, bantuan obat yang aman dan dijual bebas di apotik bisa membantu.

Itulah beberapa tanda-tanda mau haid ya, Bunda. Semoga informasinya membantu.

 

 

 

 

(rap/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!