sign up SIGN UP search


kehamilan

Enggak Usah Takut, Ini Tahapan Proses Melahirkan yang Bunda Perlu Tahu

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 14 Sep 2021 15:22 WIB
Melahirkan caption

Jakarta - Proses melahirkan kerap membuat deg-degan para Bunda yang baru saja akan melewatinya. Saat mendengar cerita sakitnya saat kontraksi, bisa membuat Bunda sudah jiper duluan sebelum Hari Perkiraan Lahir (HPL) tiba. Hmm, jadi kebanyakan galau dan bisa jadi stres deh menuju proses melahirkan.

Perasaan tersebut memang wajar terjadi kok, Bunda. Apalagi, bagi calon Bunda baru yang pertama kali melewati proses melahirkan. Rasa takut yang muncul sangatlah lumrah karena membayangkan bagaimana bayi besar tersebut keluar melalui lubang vagina yang begitu kecil.

"Banyak Bunda yang hamil bertanya-tanya dan meringis membayangkan bagaimana bayi bisa melewati lubang dengan diameter kecil tersebut," ujar Richard Auerbach, MD, seorang ahli neonatologi di Joe DiMaggio Children Hospital di Florida seperti dikutip dari laman Parents.


Pada proses melahirkan normal, bayi akan melakukan yang terbaik yang bisa dia lakukan untuk mendorong prosesnya. Untuk memulai pelebaran serviks, kepala bayi Bunda akan menekan ke dalam jalan lahir. 

7 Tanda Pasti Segera Melahirkan7 Tanda Pasti Segera Melahirkan/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Bayi biasanya memutar dan berputar selama persalinan untuk menemukan cara termudah untuk masuk. Setelah bagian terlebar bayi, kepalanya keluar, sisa persalinan harus cepat dan lancar.

Melansir dari Mayo Clinic, dibutuhkan beberapa menit hingga beberapa jam atau lebih untuk mendorong bayi ke dunia. Mungkin juga perlu waktu lebih lama untuk Bunda yang baru pertama kali menjalani epidural.

Bunda biasanya akan diminta untuk mengeran setiap kontraksi muncul oleh petugas medis. Pada titik tertentu, Bunda juga mungkin diminta untuk mendorong lebih lembut atau tidak sama sekali. Memperlambat memberikan waktu pada jaringan vagina untuk meregang. 

Setelah kepala bayi lahir, bagian tubuh lainnya akan segera menyusul. Jalan napasnya akan dibersihkan jika perlu. Kemudian, petugas medis akan memotong tali pusar bayi Bunda.

Usai bayi lahir, biasanya plasenta akan keluar dalam lima hingga 30 menit tetapi prosesnya dapat berlangsung selama satu jam. Bunda dapat tetap tenang dan fokus menyusui bayi Bunda.

Klik di halaman selanjutnya untuk informasi lebih lengkap, Bunda.

Bunda, cari tahu juga ya perbedaan kontraksi palsu dan kontraksi jelang melahirkan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



KONTRAKSI RINGAN SAAT PLASENTA DIKELUARKAN DARI RAHIM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!