sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Ini Mampu Percepat Pembukaan saat Melahirkan, Coba yuk Bun!

Meita Fajriana Jumat, 27 Aug 2021 10:07 WIB
Ilustrasi hamil atau melahirkan caption

Jakarta - Melahirkan adalah momen yang ditunggu-tunggu para bumil yang sudah mengandung sang buah hati selama 9 bulan lamanya. Menjelang waktu persalinan, Bunda pun tentu sudah mempersiapkan jiwa dan raga menyambut kehadiran Si Kecil.

Untuk Bunda yang berencana melahirkan secara normal, akan ada tahapan pembukaan yang dialami. Dalam beberapa tahap tersebut, ternyata ada trik lho agar proses pembukaan bisa berlangsung cepat.

Ada beberapa cara untuk menginduksi persalinan secara medis, tetapi Bunda bisa dapat mendorong pelebaran dan mempercepat pembukaan dengan menjaga tubuh tetap rileks dan nyaman. Hal ini dapat membantu memudahkan proses melahirkan Bunda.


Melansir dari laman Healthline, meskipun setiap kehamilan dan persalinan berbeda, hampir semua Bunda di akhir waktu kehamilannya sangat siap dan tidak sabar bertemu calon bayi mereka. Begitu persalinan dimulai, Bunda akan benar-benar siap untuk menyelesaikan perjuangan dan rasa sakitnya. 

Sri Mulyani dengan CucuSri Mulyani dengan Cucu/ Foto: Mia Kurnia Sari

Jadi apa yang bisa dilakukan untuk mempercepat prosesnya? Apakah bisa dengan mempercepat pembukaan selama persalinan sehingga Bunda dapat menggendong bayi lebih cepat?

Yuk cari tahu apa saja yang bisa Bunda lakukan untuk mempercepat pembukaan, dan segera bertemu dengan sang buah hati. Berikut lima cara mempercepat pembukaan yang bisa Bunda lakukan di rumah menjelang melahirkan yang dilansir dari laman Medical News Today. 

1. Perbanyak bergerak

Bangun dan bergerak dapat membantu mempercepat pelebaran jalan lahir dengan meningkatkan aliran darah. Berjalan di sekitar ruangan, melakukan gerakan sederhana di tempat tidur atau kursi, hingga peregangan ringan dapat mendorong pembukaan. Hal itu terjadi karena berat bayi memberikan tekanan pada leher rahim. 

Sebagian Bunda juga menemukan bahwa bergoyang atau menari dengan musik yang menenangkan itu efektif untuk mempercepat pembukaan jalan lahir. Jadi tidak ada salahnya menikmati musik favorit Bunda sambil menari, namun pastikan Bunda melakukannya dengan hati-hati, karena postur tubuh yang tidak seimbang bisa menyebabkan terjatuh Bunda. 

2. Gunakan bola untuk latihan

Bola latihan besar atau yang disebut bola bersalin, juga dapat membantu mempercepat pembukaan. Duduk di atas bola dan bergoyang ke depan dan ke belakang atau bergerak dalam lingkaran dapat membantu menjaga otot-otot di panggul tetap kendur dan rileks untuk melahirkan.

Ingin tahu trik selanjutnya? Klik halaman berikutnya ya.

Simak juga video tentang syarat bisa melahirkan normal ala Bidan Novel di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMPERCEPAT PEMBUKAAN SAAT MELAHIRKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!